Sukses

Bradikardi

09 Jun 2017, 15:30 WIB
Pria, 19 tahun.

Bagaimana cara mengobati penyakit sinus bradikardia dan apa yang bisa menyebabkan penyakit itu padahal selama ini pola makan yang sehat dan tidak merokok . Mohon penjelasannya

Terima kasih telah bertanya tentang respon tubuh terhadap bradikardi melalui fitur Tanya Dokter.

Bradikardi adalah adalah keadaan dimana denyut nadi lebih lambat dari normal. Dalam keadaan normal, jantung berdetak sekitar 60-100 kali per menit. Pada keadaan bradikardi, denyut jantung dibawah 60 kali per menit.

Pengukuran bradikardi tidak dapat ditentukan jika hanya berdasarkan satu kali pemeriksaan. Untuk itu perlu dilakukan pemantauan dengan monitor tanda-tanda vital tubuh. Pada beberapa orang, bradikardi tidak bergejala dan tidak menimbulkan keluhan apa-apa. Tetapi pada sebagian lainnya, bradikardi dapat menyebabkan suplai darah ke seluruh tubuh terganggu.

Respon tubuh terhadap bradikardia biasanya merupakan respon segera seperti:

Rasa pusing atau melayang-layang
Napas pendek dan sulit untuk melakukan aktivitas
Mudah lelah
Nyeri dada atau dada terasa berdebar-debar
Sulit berkonsentrasi
Pingsan, karena denyut jantung yang rendah dapat sebabkan penurunan tekanan darah.

Apabila bradikardi berlangsung kronis (dalam waktu yang lama), tubuh akan berkompensasi dengan kondisi tersebut. Akan tetapi, bradikardi bukanlah hal yang harus dibiarkan terus menerus, perlu dicari tahu penyebabnya dan ditangani secara tepat. Bila bradikardi terjadi terus menerus maka dapat dilakukan pemasangan pacu jantung atau pace maker.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai respon tubuh terhadap bradikardi. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar