Sukses

Puting Bernanah dan Berdarah

09 Jun 2017, 14:19 WIB
Pria, 39 tahun.

Selamat siang dokter, Saya Ibu dari 3 orang anak. Saat anak-anak saya berusia 6 bulan di puting payudara kiri muncul 1 titik putih (ditempat yang sama) dan ketika di susu oleh anak saya terasa sangat nyeri. Saya coba bersihkan dan keluar darah putih + darah merah dari titik itu. Setelah darah putih dan darah merah tersebut keluar ASI kembali lancar dan tidak nyeri jika di susu anak saya. Anehnya titik itu muncul di tempat yang sama dan setiap anak2 saya berusia 6 bulan. Saat ini titik itu muncul kembali ditempat yang sama, padahal usia anak ke-3 saya sudah 23 bulan. Saya masih memberi ASI ke anak saya. Apakah titik tersebut suati gejala kanker payudara ? Saya khawatir apakah saya terkena kanker, karena ibu saya tahun 1990 juga diangkat payudara kirinya karena kanker. Apa yang harus saya lakukan ? Ke dokter apakah sebaiknya saya berkonsultasi ? Apakah boleh melakukan mamography saat masi memberi ASI ? atas informasi yang diberikan, saya ucapkan terima kasih salam

Terima kasih telah bertanya tentang puting bernanah dan berdarah melalui fitur Tanya Dokter. 

Sebaiknya anda menghindari pemberian asi dari puting yang sedang mengeluarkan nanah atau darah. Nanah dan Darah mengindikasikan adanya infeksi yang terjai pada kulit sekitar puting yang terluka akibat gigitan anak anda. Jika anda tetap memberikan asi dari puting tersebut yang dikhawtirkan adalah masuknya kuman penyebab infeksi pada tubuh anak yang sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna.

Kami anjurkan anda untuk terlebih dahulu merawat luka pada puting yang luka tesebut. Jika tidak dapat tertangani sendiri sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter, mungkin saja dibutuhkan salep antibiotik untuk meredakan infeksi pada area luka tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai puting bernanah dan berdarah. Semoga bermanfaaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar