Sukses

Skrotum Anak Besar Sebelah

09 Jun 2017, 14:21 WIB
Pria, 27 tahun.

Assalamualaikum dok, saya risdiyanti usia 27tahun. Saya mau nanya dok, saya punya anak laki2 usia 5,5tahun, buah zakar anak saya besar sebelah, awalnya cuma besar biasa sebelum di khitan, tapi setelah dikhitan, ko agak semakin bengkak, bahkan buah zakar satunya kecil banget. Tapi anak saya tidak marasakan sakit sama sekali, saya jadi khawatir dok. Apa itu tidak barbahaya pada anak dan penanganannya bagaimana agar bisa normal kembali? Makasih dok.wassalam

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Umumnya ukuran buah zakar tidak jauh berbeda. Perbedaan ukuran dapat disebabkan karena hernia atau masuknya usus ke dalam buah zakar karena kelemahan dinding rongga perut atau saluran yang tidak menutup antara rongga perut dan saluran reproduksi atay adanya cairan disekitar testis. Untuk memastikannya, harus dilakukan pemeriksaan secara langsung dan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG testis pada anak Anda untuk melihat apakah terjadi hernia atau hidrokel (penumpukan cairan pada daerah testis).

Pada hernia yang terjadi pada anak-anak, jaringan yang dapat menonjol mengalami penonjolan hanya saat terdapat tekanan fisik atau mengedan. Umumnya, Anda dapat melihat tonjolan yang jelas saat anak Anda menangis, batuk, atau mengedan. dan seringkali menghilang kemudian. Hernia jenis tersebut dapat dikurangi dan tidak berbahaya. Bagaimana dengan anak Anda?

Sekilas kami akan menjelaskan mengenai hidrokel. Hidrokel merupakan sebuah kantung yang berisi cairan yang mengelilingi testis sehingga menyebabkan pembengkakan kantung kemaluan (sktorum). Keadaan ini umum ditemukan pada bayi baru lahir. Sebagian besar hidrokel menghilang sendiri tanpa terapi dalam 1 tahun pertama kehidupan. Anak laki-laki yang lebih besar dapat mengalami hidrokel karena proses peradangan atau cidera dalam kantung kemaluan.

Hidrokel umumnya tidak berbahaya dan tidak mempengaruhi kesuburan, namun dapat dihubungkan dengan kondisi testis yang dapat menyebabkan komplikasi serius seperti infeksi atau hernia inguinalis.

Hidrokel yang tidak menghilang dengan sendirinya perlu ditatalaksana dengan tindakan operasi (hidrokelektomi) ataupun disedot isi cairannya dengan jarum.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar