Sukses

Cara Menambah Berat Badan

08 Jun 2017, 21:01 WIB
Pria, 23 tahun.

Halo dokter, saya ingin menambah berat badan karena saya rasa badan saya terlalu kurus untuk tinggi saya (168 cm), saya baca beberapa makanan bisa sebagai penambah berat badan (susu, keju, selai kacang, dll), tetapi selain itu, makanan tsb dapat memicu timbulnya jerawat (terutama susu tinggi lemak) karena kulit saya termasuk acne prone. bagaimana cara saya menambah berat badan tanpa khawatir akan timbul jerawat? makanan apa yang harus saya konsumsi?

Terima kasih telah bertanya tentang cara menambah berat badan melalui fitur Tanya Dokter.

Beberapa hal yang menyebabkan berat badan seseorang sulit bertambah adalah asupan energi yang lebih rendah dari kebutuhan sebenarnya, metabolisme tubuh yang cepat (biasanya karena faktor keturunan), dan karena kondisi penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau penyakit infeksi seperti tuberkulosis.

Menambah berat badan harus dilakukan dengan cara yang sehat, sehingga tidak hanya sekadar memperoleh pertambahan berat badan saja tetapi juga proporsi dan kondisi tubuh yang sehat.

Berikut beberapa cara sehat untuk menambah berat badan:

1. Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang, dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Tambahkan 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Yang dimaksud gizi seimbang adalah hidangan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Perkiraan jumlah yang disarankan adalah karbohidrat 50% per hari, protein 20% sehari, dan lemak 30% sehari.

2. Tingkatkan asupan protein dan karbohidrat. Makan lebih banyak protein dan karbohidrat seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. Namun, hindari konsumsi makanan atau minuman yang tinggi kandungan gula nya seperti minuman bersoda, makanan ringan tinggi gula. Makanan dan minuman tersebut memang dapat dengan cepat meningkatkan berat badan, tetapi dapat menimbulkan efek tidak baik bagi tubuh di waktu yang akan datang.

3. Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang berguna untuk menaikkan berat badan. Pilih jenis olahragar yang tidak terlalu sulit atau berat, seperti berjalan kaki selama 30 menit secara teratur.
Perbanyak minum air putih karena dapat memperbaiki metabolisme tubuh serta melancarkan pencernaan. Minum setidaknya 1.5-2 liter air mineral sehari.

4. Saat minum susu, pilihlah susu full cream (whole milk) agar diperoleh nutrisi lebih.

Selain itu, cobalah untuk memperhatikan label makanan yang dikonsumsi, untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada produk makanan tersebut.

Bila Anda telah melakukan cara di atas tetapi belum berhasil meningkatkan berat badan, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu apakah ada kemugkinan penyakit lain yang mendasari. Konsultasi dengan dokter spesialis gizi juga dilakukan untuk mengetahui pola makan yang baik untuk meningkatkan berat badan.

Dan untuk masalah jerawat memang masalah kesehatan yang susah-susah gampang. Ada berbagai faktor yang saling berkaitan dalam menimbulkan jerawat, sehingga penanganannya biasanya memerlukan waktu lama dan juga kedisiplinan yang tinggi.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini:

1. Stres
2. Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (kelenjar sebasea) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
3. Kelenjar minyak yang terlalu aktif
4. Keturunan dari orangtua
5. Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Pengobatannya juga memang akan menyebabkan kulit menjadi merah dan mengelupas dalam jangka waktu sementara, dalam upaya untuk mengatasi peradangan karena jerawat. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan kebersihan wajah.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai cara menambah berat badan. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar