Sukses

Cara Yang Benar Memakai Pil KB Progestin

09 Jun 2017, 13:16 WIB
Wanita, 25 tahun.

Hallo Dok... Saya setelah melahirkan dan lebih dari 40 hari saya mulai suntik KB 3 bulan, suntik pertama saya slalu menstruasi terus menerus dan saya konsultasi dan kata bidan itu ngflek dan saya minta obat tuk menghentikan haid. Suntik kedua kalinya saya mengalami ngflek lagi dan disarankan memakai pil KB karena suntik KB tidak cocok. Saya dikasih pil KB exluton, pertama minum saya sedang haid ke 10 hari sebelum memakai pil KB. Itu bagaimana dok cara meminumnya yang tepat agar saya tidak hamil.. Terimakasih...

Terima kasih telah bertanya seputar pil kb progestin melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pil exluton adalah jenis pil KB yang hanya berisikan satu jenis hormon saja, yaitu progestin. Pil KB jenis ini bekerja mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan silia saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Keefektifan berkurang bila pil tidak diminum di waktu yang sama setiap harinya.

Kontrasepsi ini diberikan pada wanita yang menginginkan kontrasepsi oral namun tidak bisa menggunakan oral kombinasi karena pengaruh estrogen dapat membahayakan, misalnya pada wanita yang sedang menyusui. Sehingga pil KB yang Anda konsumsi memang jenis pil yang paling tepat bagi wanita menyusui dan tidak mempengaruhi produksi dan kualitas ASI.

Cara pakai yang ideal adalah mengkonsumsi pil pertama kali pada hari pertama haid. Dapat juga dikonsumsi pada 5 hari pertama menstruasi. Dengan cara ini dapat langsung mencegah kehamilan maksimal 48 jam setelah konsumsi. Maka tetap disarankan menggunakan cadangan kontrasepsi bila berhubungan, contohnya kondom.

Bila konsumsi pil pertama dilakukan setelah hari ke 5 menstruasi, maka sebaiknya selama 7 hari berturut-turut Anda menggunakan kondom bila berhubungan.

Yang paling penting dari penggunaan pil kb progestin adalah pil harus diminum setiap hari, termasuk di waktu haid dan pil diminum pada waktu yang sama.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai pil kb progestin. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar