Sukses

Infeksi Jamur pada Vagina

09 Jun 2017, 11:18 WIB
Wanita, 19 tahun.

Assalamualaikum, Dok saya mengalami penumbuhan jamur di dalam vagina, untk saat ini saya hanya mengkonsumsi obat ketoconazole yg saya beli di apotek kmren. Apakah hal itu bisa mengobatinya dok? Bagaimana untuk memulihkannya? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang infeksi jamur pada vagina melalui fitur Tanya Dokter. 

Kandidiasis merupakan istilah yang dipakai untuk infeksi jamur dari spesies Candida (Candida sp.), dengan jenis yang paling sering ditemukan adalah Candida albicans. Jamur ini dapat ditemukan dalam keadaan normal dalam jumlah kecil pada mulut, vagina, saluran pencernaan, dan kulit.

Dalam keadaan sehat, terdapat kuman lain dan sistem pertahanan tubuh yang menjaga berbagai kuman normal tubuh manusia. Bagaimanapun, pada keadaan dimana daya tahan tubuh menurun Candida akan semakin mudah berkembang dan menyebabkan infeksi pada organ tempat jamur tersebut berkembang secara normal. Faktor-faktor yang memengaruhi antara lain adalah diabetes, kehamilan, kekurangan zat besi, asam folat dan vitamin B12, kemoterapi, stres, serta penggunaan steroid jangka panjang.

Berdasarkan lokasi infeksinya, keluhan yang dapat ditimbulkan adalah:

  • Vagina : gatal, rasa terbakar, pembengkakan, keputihan
  • Mulut : rasa tidak nyaman, terbakar, perubahan rasa pengecapan, terbentuk lesi putih pada dinding mulut
  • Saluran pencernaan: mual, nyeri menelan, diare, terbentuk lesi putih pada dinding saluran pencernaan
  • Kulit : gatal, timbul lesi kulit khas

Jamur sangat menyukai tempat lembab sehingga Anda sebaiknya selalu menjaga kebersihan dan kelembaban di daerah vagina Anda. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin yang menangani Anda untuk mengatasi keluhan Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai infeksi jamur pada vagina. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar