Sukses

Meningkatkan Berat Badan Anak

09 Jun 2017, 11:52 WIB
Wanita, 29 tahun.

Salamat malam dok,anak sy 2 bulan yg lalu di nyatakan terkena gejala tipus,terus udah sehat tp sejak beberapa hari yang lalu ank sy kelihatan agak pucet srt kurus,tp dia beraktivitas sprti biasa bermain sperti anak" yg lain,apa yg harus sy lakukan? Sebelumnya sy mengucapkan banyak terima kasih.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Jika anak Anda aktivitasnya tidak terganggu, tdaik memiliki keluhan lain (demam, mual, muntah, anak lemas) dan pola makan baik tidak ada yang perlu anda khawatirkan.

Berapa usia anak Anda ? Berapa Berat Badannya ? Perlu diketahui dengan pasti apakah berat badan anak Anda memang turun.

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menaikkan berat badan anak Anda adalah dengan memberikan makanan tinggi kalori yang sehat. Berikut adalah daftar makanan tinggi kalori yang sehat yang dapat diberikan kepada anak Anda:

· Susu: Susu, keju, yogurt, es krim, krim sup, puding

· Protein: Telur, selai kacang, sup kacang, kacang-kacangan

· Karbohidrat: Roti, makaroni dan keju, pasta, roti, pancake, kentang tumbuk, sereal

Jika anak Anda adalah pemilih makanan dan menolak untuk menambah makanan baru dalam makannya, dapat dicoba juga dengan menggunakan suplemen makanan cair berkalori tinggi sesuai rekomendasi dokter. Namun harus dipastikan bahwa jumlah konsumsi susu, suplemen makanan cair, dan jus yang anak Anda makan jangan sampai membuatnya kenyang sehingga melupakan menu makan utamanya. Cobalah untuk membatasi jus untuk tidak lebih dari satu cangkir sehari dan susu tidak lebih dari dua cangkir sehari.

Apabila anak Anda dirasakan sudah mendapatkan cukup kalori tapi tampaknya belum mendapatkan berat badan ideal, terus bekerja sama dengan dokter untuk menemukan kondisi yang mendasari. Seluruh dokter spesialis anak memiliki kompetensi yang sama untuk mengevaluasi kondisi buah hati Anda dan memberikan penanganan yang terbaik.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam sehat,

 

0 Komentar

Belum ada komentar