Sukses

Sering Sakit Perut Kiri, Sekarang Meluas

09 Jun 2017, 11:56 WIB
Wanita, 27 tahun.

Halo selamat malam. Perkenalkan saya Syifa, Saya memiliki beberapa keluhan di badan saya terutama di perut. Saya merasa ad sesuatu yg mengganjal di perut kiri bagian tengah. Beberapa kali saya periksa ke dokter dan di USG, kata dokter tidak ad yg perlu di khawatirkan. Sampai saya sering sekali USG. Tapi entah kenapa perasaan tdk nyaman pada perut saya ini sering sekali terjadi. Jadi sprti hilang timbul. Dan kali ini sudah 10 harian, perut saya yang tadinya hanya sebelah kiri saya yg tidak enak. Sekarang menyebar ke seluruh perut, nyeri cenut cenut dan sering kaku gitu. Kadang jadi sedikit sesak. Kali ini saya belum pergi ke dokter, karena bingung harus ke dokter mana lagi. Dulu ke Dokter penyakit dalam sudah, ke dokter kandungan juga sudah. Tapi aku merasa tidak ada jawaban yang memuaskan. Sekarang saya juga sering merasa mudah ngantuk, lemas dab volume pipis/air kecil juga berkurang. Bisa bantu saya dokter... Gejala apa ini???, Terima kasih dokter yang baik.:) salam

Terima kasih telah bertanya seputar sakit perut kiri yang sekarang meluas melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sejak kapan Anda merasakan keluhan tersebut? Apakah ada gejalan lain seperti demam, mual, muntah, penurunan berat badan, rasa panas di tenggorokan, sering sendawa? Apakah Anda memiliki riwayat sakit maag? Dimana letak pasti nyeri perutnya, apakah perut kiri bawah atau sekitar ulu hati? Adakah perubahan pola BAB, seperti darah atau lendir pada BAB Anda? Bagaimana dengan pola makan Anda, apakah sudah teratur atau sering terlambat makan?

Nyeri perut pada bagian kiri dapat berarti beberapa hal, diantaranya adalah gastritis (peradangan lambung), dispepsia, duodenitis, dan gangguan pencernaan lainnya. Apabila pola makan Anda tidak sehat (banyak makan pedas, asam, berlemak), kurang serat pada makanan, kurang minum air putih, dan waktu makan tidak teratur, maka mungkin saja gangguan pencernaan menjadi penyebabnya. Bila disertai dengan nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh kelainan pada saluran kencing. Biasanya didahului dengan kebiasaan buang air kecil yang tidak baik, adanya batu atau pun infeksi.

Diperlukan lebih banyak informasi untuk mengetahui diagnosis dari kondisi kesehatan Anda. Juga diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Karena keluhan Anda yang semakin memburuk, sebaiknya Anda segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis penyakit dalam, atau pun dokter bedah umum untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai sakit perut kiri yang sekarang meluas. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar