Sukses

Gatal dan Merah Setelah Minum Obat

09 Jun 2017, 11:20 WIB
Pria, 13 tahun.

Ass... Dok saya mau tanya,saya sedang sakit : pusing,pilek,batuk Saya minum obat : ERYSANBE Erythromycin & PARATUSIN saya minum obat itu saat malam setelah makan,saat paginya leher saya langsung gatal gatal dan merah apakah saya alergi obat? Mohon jawabannya dengan segera...

Terima kasih telah bertanya tentang gatal dan merah setelah minum obat melalui fitur Tanya Dokter. 

Gejala yang Anda alami memang dapat merupakan reaksi alergi terhadap obat-obat yang Anda minum. Terlebih jika keluhan gatal bentol dirasakan setelah meminum obat. Terdapat beberapa gambaran klinis yang berbeda dan penanganan yang berbeda. Sebelum kita berdiskusi lebih jauh, izinkan kami untuk mengajukan beberapa pertanyaan kembali:

Apakah terdapat lesi kemerahan yang menimbul selain rasa gatal?
Apakah terdapat demam?

Jika iya, maka sebaiknya Anda menghentikan semua obat-obatan terlebih dahulu lalu kembali melakukan kunjungan ke dokter yang menangani Anda. Setelah gejala hilang, obat-obat tersebut dapat dicoba diberikan kembali dimulai dengan dosis yang kecil di bawah pengawasan dokter. Bila terdapat gejala flushing dan gatal dengan atau tanpa lesi (biasanya) di wajah yang tidak berat, gejala dapat hilang sendiri. Yang perlu diwaspadai jika ada gejala berupa sesak nafas yang mengharuskan kontrol ke dokter secepatnya.

Sulit untuk menentukan diagnosis yang dialami oleh Anda karena kelainan kulit perlu dilihat secara langsung. Oleh karena itu kami menyarankan Anda kembali ke dokter yang menangani Anda untuk memastikan apakah benar keluhan yang Anda alami merupakan reaksi alergi obat tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gatal dan merah setelah minum obat. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar