Sukses

Kebiasaan di Deoan Layar, Bikin Sakit Kepala?

08 Jun 2017, 09:01 WIB
Wanita, 13 tahun.

Saya ingin bertanya dok. Mata saya saat ini tidak bisa fokus pada 1 objek dalam waktu yang lama. Kalau misalnya lama itu mulai pusing terus kalau ngelihat udah memburam. Saya setiap harinya di balik layar komputer dan ponsel, dan itu berlangsung sejak saya pagi hingga malam hari. Apakah ini dampak karena rutinitas saya dok????????

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Perlu Anda ketahui bahwa pusing dan sakit kepala merupakan keluhan yang berbeda. Pusing biasanya untuk menggambarkan sensasi berputar sedangkan sakit kepala lebih kepada rasa sakit, nyeri, tegang atau berdenyut. Mana keluhan yang Anda alami?

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Sejak kapan Anda mengalami keluhan ini? Bagaimanakah nyeri yang Anda rasakan, seperti ditusuk, ditarik atau berdenyut? Atau terasa seperti berputar bahkan melayang?

Sakit kepala yang berhubungan dengan cahaya (dicetuskan atau diperberat) umumnya disebabkan oleh migraine, tension dll. Sekitar 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura (migrain klasik).

Pada kasus Anda, kemungkinan jgua ada pengaruh dari radiasi komputer. Terlalu laa di depan komputer dapat mengakibatkan gangguan kesehatan akibat radiasi komputer. Gejalanya antara lain mata lelah, mata kabur, mata kering, nyeri kepala, kaku leher, dan lainnya. Untuk pencegahan yang bisa Anda lakukan antara lain :

  • Gunakan filter (pelindung) layar komputer untuk mengurangi radiasi
  • Kurangi resolusi layar komputer menajdi minimal
  • Jaga jarak mata dengan komputer, jangan terlalu dekat (minimal 45 cm)
  • Istirahatkan mata selama 10 menit setiap setelah menggunakan komputer 50 menit
  • Sesuaikan ketinggian monitor dengan mata

Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan yang Anda rrasakan, kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis saraf. Dokter akan melakukan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik lengkap serta pemeriksaan penunjang (seperti CT Scan) bila diperlukan. Dengan mengetahui penyebab nyeri kepala Anda, terapi yang diberikan juga akan lebih optimal.

 

Demikian informasi yang dapaat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar