Sukses

Belum Haid Setelah Lepas IUD

09 Jun 2017, 09:30 WIB
Pria, 33 tahun.

dok mau tanya, istri saya setelah lepas iud hingga sekarang kurang lebih 6bulanan tidak mengalami menstruasi, sedangkan di cek pakai test pack hasil negative tidak hamil, apakah itu masih wajar setelah melepas iud dok? terimakasih sebelum nya..

Terima kasih telah bertanya tentang belum haid setelah lepas IUD melalui fitur Tanya Dokter. 

IUD bekerja dengan menyebabkan peradangan ringan pada dinding rahim sehingga tidak mungkin terjadi implantasi embrio. IUD yang mengeluarkan hormon memiliki kerja tambahan yaitu dengan menekan fungsi ovarium atau indung telur. Karena itu, pada umumnya dibutuhkan waktu 1 - 2 siklus menstruasi sebelum dapat terjadi keteraturan menstruasi dan kehamilan. Ketidakteraturan siklus menstruasi memang merupakan penyulit terjadinya kehamilan. Siklus haid perempuan normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.

Siklus haid melebihi 35 hari disebut oligomenorea yang umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. Kemungkinan yang paling sering adalah gangguan atau sress psikologis atau pada ovarium (sindrom ovarium polikistik). Untuk mengetahui penyebabnya, sebaiknya Ibu berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai belum haid setelah lepas IUD. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar