Sukses

Nyeri Perut dan Tidak Haid

09 Jun 2017, 07:40 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok saya mau tnya..saya sudah 3 bln lbh tidak menstruasi ..dan skrng pinggang sya trsa skt tp dtng nya kdang2 aja..skt di bgian perut jg sblh knan pinggang jg sblh knan..apa pngruh krn tidak haid atau krn fktr lain dok?mksh

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Nyeri perut  memang sering ditemukan pada perempuan yang sedang menstruasi. Nyeri tersebut diakibatkan oleh hormon prostaglandin yang dikeluarkan oleh otot-otot dinding rahim. Prostaglandin menstimulasi otot rahim tersebut untuk berkontraksi, menyebabkan suplai darah ke rahim berhenti untuk beberapa saat dan meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf nyeri, sehingga menimbulkan rasa nyeri. Prostaglandin juga bertanggung jawab terhadap gejala muntah, diare, dan sakit kepala yang biasanya juga muncul bersamaan dengan nyeri perut.

Ibu sebaiknya menghubungi dokter jika nyeri menjadi lebih lama dari biasanya, nyerinya semakin hebat atau berbeda dari yang pernah dirasakan sebelumnya, namun tidak disertai perdarahan vagina atau haid, atau ada tanda-tanda infeksi seperti demam, mengigil, nyeri pada tubuh, yang muncul saat berlangsungnya menstruasi. Ibu juga perlu memeriksakan diri ke dokter jika nyeri panggul dirasakan pada hari-hari lain atau saat berhungan dengan suami.

Sementara itu, untuk meredakan nyeri (bila diperlukan), Ibu dapat meminum obat anti radang yang dijual bebas seperti ibuprofen. Selain itu, dapat dilakukan kompres hangat pada daerah perut bawah, pemijatan ringan pada perut bawah.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar