Sukses

Badan Gatal dan Panas Setelah Minum Alkohol

09 Jun 2017, 02:35 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok saya mau tanya 2hari yang lalu saya mengonsumsi alkohol, kemudian kemarin badan saya terasa panas dan gatal2 kemudian berubah jadi warnah merah, hari ini juga saya masih merasa gatal2 tapi kulit badan saya sudah tidak sepenuhnya warna merah saja hanya dibagian tertentu, tapi gatalnya ngk hilang2 dok dan saya rasanya mau nangis, udah minum obat alergi cetirizine tapi ngk mempan juga, digaruk juga malah lebih gatal, udah mandi pake air dingin juga ngk mempan, tolong dok ada solusi lain agar gatalnya berkurang? makasih Tuhan memberkati

Terima kasih telah bertanya seputar alergi alkohol melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keadaan Anda mungkin disebabkan oleh alergi alkohol.

Eksim atau dermatitis alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen terhadap kulit. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Gejala dermatitis alergi macam-macam, bisa berupa kemerahan, gatal, bentol, iritasi dan sebagainya.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Mengatasi Alergi dengan Antihistamin

Alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh melepaskan zat kimia yang disebut dengan histamin, sebagai respon saat kontak dengan alergen (penyebab alergi). Histamin merupakan salah sat zat kimia yang menyebabkan peradangan dan berbagai reaksi alergi pada kulit, saluran pernapsan maupun mata.

Saat histamin dilepaskan selama proses reaksi alergi, Anda akan mengalami gejala-gejala alergi. 

Bila menggunakan cetirizine tidak mempan, dapat dicoba obat golongan antihistamin lainnya. Bila tidak membaik, maka kami sarankan untuk konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis penyakit dalam.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai alergi alkohol. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar