Sukses

Waktu Berhubungan Seksual untuk Menghindari Kehamilan

09 Jun 2017, 01:23 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya sudah minum pil kb habis satu kmasan trus haid saat minum pil plasebo smpek pil hormon habis 2.. Yg mau sya tanyakan itu kpan waktu berhubungan yg aman dok setelah selesai haid.... Trima kasih

Terima kasih telah bertanya mengenai waktu berhubungan seksual untuk menghindari kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Untuk menghindari kehamilan, bila Anda sudah menggunakan pil KB seharusnya tidak ada batasan kaku mengenai hari-hari yang tidak dianjurkan untuk berhubungan seksual. Namun, bila Anda ingin mengetahui masa subur, Anda dapat menyimak informasi ini:

Untuk mengetahui perkiraan masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung estimasi masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir.

Untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Lalu, hitunglah jumlah hari pada setiap siklus, dan catat jumlah hari pada siklus terpendek dan siklus terpanjang.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari pada siklus terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari pada siklus terpanjang – 11

Ovulasi umumnya terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. Jadi, bila Anda ingin menghindari kehamilan, bila tidak menggunakan kontrasepsi, dapat dilakukan hubungan seksual di luar masa subur. Namun, bila sudah mengugnakan kontrasepsi, tidak terdapat batasan kaku mengenai hari yang harus dihindari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai waktu berhubungan seksual untuk menghindari kehamilan, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar