Sukses

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Karena Tumbuh Gigi

08 Jun 2017, 23:43 WIB
Wanita, 35 tahun.

Selamat siang dok, mau tanya, anak saya usia 2 tahun, sedang akan tumbuh gigi geraham, gusinya bengkak, jadi tidak mau makan karena setiap makan terus gusinya yang bengkak sakit, padahal anak saya kalau akan tumbuh gigi waktunya lama, bisa sampai berbulan bulan setelah gusi bengkak baru tumbuh giginya. Apakah ada cara supaya gusinya kempes/tidak sakit lagi? Apakah ada cara agar giginya cepat tumbuh?

Terimakasih telah bertanya tentang cara mengatasi gusi bengkak karena tumbuh gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Untuk membantu merangsang gigi anak tumbuh, bisa dilakukan hal berikut :

1. Perhatikan Aturan Pemberian Makan pada Bayi

Perhatikan aturan pemberian makanan pada bayi, baik dari segi kandungan gizi maupun tahapan pemberian makanan dari cair ke padat. Tujuannya, agar kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi. Sebab, selain berguna untuk tumbuh kembang, juga merangsang pertumbuhan gigi dari dalam.

Pertumbuhan gigi susu juga bisa dirangsang dengan pemberian vitamin sesuai anjuran dokter. Pemberian zat Fluor dapat memperkuat gigi bayi, menjaga dan mencegah kerusakan gigi. Zat ini bisa diberikan pada ibu hamil sampai bayi lahir hingga berusia 10 tahun.

2. Berikan Biskuit Balita

Biasanya, ketika akan erupsi (muncul atau tumbuh) gigi, bayi lebih banyak mengeluarkan air liur dan maunya menggigit-gigit sesuatu akibat rasa gatal pada gigi. Dengan menggigit, juga dapat mempercepat keluarnya gigi. Berikan biskuit khusus yang agak keras atau mainan gigit dari bahan karet yang aman buat bayi.

Dan sementara anak anda dalam masa pertumbuhan gigi susunya, anda dapat memberikan obat untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan gusi, yaitu obat sirup yang mengandung ibuprofen dengan dosis sesuai umur dan berat badan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara mengatasi gusi bengkak karena tumbuh gigi, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar