Sukses

Penanganan Eksim

08 Jun 2017, 21:05 WIB
Pria, 39 tahun.

Saya mempunyai masalah penyakit pd kulit akhir" ini dan sblmnya tdk pernah terkena penyakit kulit, gejala yg sy alami terjadi bercak" seperti kurap atau exim dan sangat mengganggu skali karna , dan lama " bertambah bnyak. Padahal sy sdh coba oles dngan salep anti jamur, tp knp bukan nya sembuh malah bertambah banyak, utk itu sy mohon petunjuk dokter, obat apa yg cocok utk penyakit sy ini . Trimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Eksim atau dermatitis pada umumnya dipicu oleh reaksi alergi. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.
Kulit kering, kemerahan, rasa gatal dan panas merupakan salah satu gejala eksim. Untuk beberapa kasus, eksim dapat muncul berulang-ulang atau berlangsung secara kronik (dalam jangka waktu lama). Kebiasaan untuk menggaruk kulit yang gatal tersebut justru akan memperparah kondisi kulit dan pengobatan dapat berlangsung lebih lambat. Pengobatan eksim dilakukan dengan memberikan kortikosteroid topikal dan anti histamin yang semuanya diberikan dibawah pengawasan dokter.
Kendati alergi bersifat genetik, seseorang tetap memiliki risiko alergi sebesar 5-15 persen tanpa mempertimbangkan ada atau tidaknya riwayat alergi pada orangtua penderita. Mengingat banyaknya alergen di luar riwayat keluarga (genetik), hendaknya Anda memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi, seperti jenis makanan, kondisi udara, atau faktor pemicu lainnya.
Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.
Sudahkah Anda mengetahui faktor pencetus timbulnya kondisi ini? Apakah Anda sudah pernah melakukan tes alergi?
Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mengetahui sebab pasti dan mendapatkan terapi yang sesuai.
Semoga penjelasan ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar