Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Gatal pada Daerah Genital

08 Jun 2017, 20:05 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok saya mau tanya, saya sering mengalami gatal pada area Miss V dan di selengkangan. Setiap malam saya terganggu tidur akibat gatalnya kambuh, di ruam selengakangan saya ada bercak2 merah yang katanya kurap. Saya sudah memakai beberapa salep luar dan hasilnya hanya sementara. Bagaimana cara mengatasi hal itu dok? Terimah kasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, yaitu infeksi jamur, kutu (skabies), psoriasis, dermatitis, dan lain-lain.

Bentol pada kepala penis dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, antara lain:

Pearly penile papules: bintik-bintik berwarna agak putih, merah, dapat juga sewarna kulit ,mengumpul pada lipatan kepala penis (corona penis). Bintik-bintik ini sifatnya jinak dan tidak berbahaya. Tidak disebabkan oleh infeksi menular seksual.

Condiloma akuminata (kutil): bintik-bintik pada kepala penis, biasa mengelompok dan bertumpuk-tumpuk. Disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV). Penyakit ini merupakan disebabkan oleh infeksi menular seksual.

Moluscum kontagiosum: bintik-bintik juga pada kepala penis, pada bintik tersebut terdapat lekukan kecil (delle), disebabkan oleh virus.

Pyogenic granuloma: benjolan merah pada kulit yang berisi banyak pembuluh darah, berwarna merah terang dan mudah berdarah.

Sifilis : bentol yang berubah menjadi luka yang tidak nyeri, umumnya jumlahnya hanya satu buah.

Herpes Genitalis (Herpes Simpleks)

Bintil-bintil berisi cairan jernih atau bernanah, berkelompok di atas kulit yang memerah. Jika pecah maka akan terasa nyeri. Dapat disertai dengan demam, rasa lemas dan tidak nafsu makan. Penyakit ini merupakan infeksi menular seksual dan disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe II. Namun, pada pelaku seksual oral, infeksi di daerah genitalia dapat juga disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe I.

Infeksi Jamur (Balanitis Kandida)
Bintil-bintil berdinding tipis dan berisi cairan nanah. Lokasinya biasanya terletak di daerah kepala penis dan lekukan kepala penis. Penyakit ini disebabkan karena infeksi jamur dan didapatkan dari kontak seksual dengan pasangan yang mengalami infeksi jamur.

Skabies
Skabies adalah kelainan dapat berupa bintik-bintik kemerahan atau bintil-bintil berisi cairan jernih atau nanah. Terasa gatal terutama di malam hari. Ditularkan dalam kelompok oleh parasit Sarcoptes scabiei. Daerah lain yang dapat terkena adalah sela jari tangan, pergelangan tangan bagian dalam, siku bagian luar, lipat lengan bagian dalam, pusar, bokong dan perut bagian bawah.

Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Tungau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau bersifat mikroskopis. Penyakit ini mudah menular dari manusia ke manusia , dari hewan ke manusia dan sebaliknya.

Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan agar berobat ke dokter kulit dan kelamin untuk evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut. Untuk sementara, Anda bisa mengompres area yang gatal dengan air dingin, jangan menggaruk atau mengobet luka / area yang gatal. Jika sangat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi antihisamin untuk meredakan gatal. Namun keluhan tidak akan reda sebelum penyebab sebenarnya ditangani.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar