Sukses

Keputihan yang berlebihan

08 Jun 2017, 16:42 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok,sya mau tanya bgaimna cra mengatasi kputihan yg berlebihan?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar keputihan abnormal melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum mengetahui apakah keputihan yang Anda alami berbahaya atau tidak, maka perlu diketahui dulu bagaimana cairan vagina yang normal.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ini disebut keputihan fisiologi / normal. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Cara tatalaksanapun dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan dan kelembapan alat vital.

Kebalikannya, keputihan abnormal / patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau tidak enak, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal.

Bila keputihan Anda disebabkan oleh infeksi maka diperlukan pengobatan dengan antijamur / antibiotik / antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya. Sebaiknya segera konsultasikan kondisi Anda ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mengetahui persisnya kondisi Anda beserta dengan pengobatan yang tepat. Pengobatan yang tidak tepat guna ataupun tidak tepat dosis alih-alih mengobati justru dapat menimbulkan kekebalan kuman penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai keputihan abnormal. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar