Sukses

Penyebab Batuk dan Tenggorokan Gatal

08 Jun 2017, 13:36 WIB
Wanita, 20 tahun.

Hallo dok, saya mau bertanya sudah sekitar satu minggu ini saya batuk-batu dok tenggorokan terasa gatal, saat saya minum obat yg di beli di apotik malah tambah gatal dan sudah 2 hari ini tenggorokan saya sakit saat menelan apa pun baik minum ataupun makan begitu juga saat batuk, kira2nobat apa dok yang ampuh untuk menghilangkan sakit menelan yang cukup menggangu

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai penyebab sering batuk melalui fitur Tanya Dokter.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga).

Batuk yang Anda alami termasuk di dalam batuk kronis karena sudah lebih dari 2 minggu. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah :

1. Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)
2. Alergi
3. Asma
4. Tuberkulosis (TBC)
5. Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)


Batuk yang diderita akan diterapi sesuai penyebabnya. Karena itulah pentingnya bagi kami untuk menanyakan hal-hal di atas berkaitan dengan pencarian dari penyebab batuk. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk diperiksa, atau mungkin butuh difoto roentgen dada untuk mencari penyebab batuknya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab sering batuk. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar