Sukses

Kaku Pada Jari-Jari Tangan

08 Jun 2017, 13:00 WIB
Wanita, 42 tahun.

Malam dok.. Bbrp hari lalu sy menanyakan mslh yg sama ttg ksehatan saya tp sp sekrg blm ada email masuk dlm email pribadi sy. Mgkn saya akan menanyakan kmbli. Bbrp minggu ini tulang jari2 tangan sy Sering sakit bila ditekan2 trlebih bila trkena angin dingin contoh kena hembusan angin ac dimalam hr saat istirahat. Kadang jari kaki jd kaku jg bisa bnyk berjalan atau terendam air. Apa yg trjadi dgn jari2 saya ya dok? Mohon informasinya. Trima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang kaku jari tangan melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab konsultasi Anda. Sebelumnya kami memiliki beberapa pertanyaan. Apakah ada gejala lain selain nyeri sendi, seperti rasa kaku terutama pagi hari saat bangun tidur, demam, kemerahan atau bengkak pada sendi? Berapa lama kaku yang dirasakan, apakah lebih dari 30 menit? Apakah ada riwayat trauma/cedera pada jari tangan Anda? Apakah kaku dirasakan pada sendi lainnya?

Penyebab kaku dari sendi dapat bermacam-macam namun penyebab paling sering adalah artritis reumatoid (AR), dimana keluhannya terutama terjadi di pagi hari dan hilang beberapa lama kemudian, lalu paling sering terkena pada sendi-sendi kecil. AR salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit otoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Akhirnya, kondisi ini dapat pula mengenai berbagai organ tubuh.


Gejala dan tanda dari AR dapat dilihat sebagai berikut :

  • Nyeri sendi
  • Pembengkakan sendi
  • Nyeri sendi bila disentuh atau di tekan
  • Tangan kemerahan
  • Lemas
  • Kekakuan pada pagi hari yang bertahan sekitar 30 menit
  • Demam
  • Berat badan turun

Artritis reumatoid biasanya menyebabkan masalah dibeberapa sendi dalam waktu yang sama. Pada tahap awal biasanya mengenai sendi-sendi kecil seperti, pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki, dan kaki. Dalam perjalanan penyakitnya, selanjutnya akan mengenai sendi bahu, siku, lutut, panggul, rahang dan leher.

Untuk sementara, Anda dapat meminum obat anti nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, atau asam mefenamat untuk mengurangi nyeri. Dibawah ini adalah contoh-contoh obat yang dapat diberikan;

  • NSAIDs. Obat anti-infalamasi nonsteroid (NSAID) dapat mengurangi gejala nyeri dan mengurangi proses peradangan. Yang termasuk dalam golongan ini adalah ibuprofen dan natrium naproxen. Golongan ini mempunyai risiko efek samping yang tinggi bila di konsumsi dalam jangka waktu yang lama.
  • Kortikosteroid. Golongan kortikosteroid seperti prednison dan metilprednisolon dapat mengurangi peradangan, nyeri dan memperlambat kerusakan sendi. Dalam jangka pendek kortikosteroid memberikan hasil yang sangat baik, namun bila di konsumsi dalam jangka panjang efektifitasnya berkurang dan memberikan efek samping yang serius.

Apabila keluhan Anda berlanjut dan semakin mengganggu aktivitas, maka kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam. Untuk menentukan penyebab dari keluhan Anda, dokter akan melakukan wawancara menyeluruh dan pemeriksaan fisik lengkap, serta pemeriksaan penunjang bila diperlukan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait kaku jari tangan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar