Sukses

Flek Saat Hamil Dan Diluar Siklus Menstruasi

08 Jun 2017, 11:38 WIB
Wanita, 34 tahun.

Selamat malam dokter. Saya sdh menikah, tanggal haid terakhir mulai 30 april sampai 7 mei 2017. Siklus biasanya 26 hari. Tapi tanggal 12 s/d 21 mei 2017, keluar flek coklat yang lumayan banyak dan waktunya lebih dari 7 hari (masa haid normal saya). Setelah minum obat, haid saya berhenti. Tapi sampe hari ini tanggal 7 juni 2017, saya blm menstruasi. Karena kalau normal,harusnya tanggal 26 mei saya sdh dapat menstruasi. Apakah ada kemungkinan saya hamil dok?teruma kasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Halo, Kami memahami kekhawatiran Anda.

Perdarahan flek yang terjadi di luar siklus haid perlu dicari penyebabnya. Gangguan tersebut biasanya diakibatkan karena gangguan hormon. Gangguan tersebut dapat disebabkan karena:

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease

Untuk memastikan suatu kehamilan diperlukan pemeriksaan kehamilan dengan mengukur kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat pada saat kehamilan. Ada 2 macam cara untuk mengukur hormon hCG tersebut yaitu melalui tes urin (test pack) dan tes darah. 

Jika Anda hamil dan terjadi flek,  beberapa hal yang menimbulkan flek selama kehamilan adalah :

- Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah

- Keguguran

- Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)

- Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang

- Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri

- Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan penyebabnya. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang tepat dan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar