Sukses

Darah Haid Banyak Setelah SC

08 Jun 2017, 11:37 WIB
Pria, 34 tahun.

Kemarin bulan lalu istri saya melahirkan secara caesar tepat pada tanggal 19-05-2017 dan pada hari ini tanggal 6-06-2017 dia haid dan agak banyak darah yang keluar... Apakah itu wajar wajar saja atau ada kelainan dok.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Masa nifas umumnya berakhir sekitar 40 hari setelah proses persalinan. Berakhirnya masa nifas ditandai dengan berhentinya perdarahan yang keluar dari vagina istri Anda. Masa nifas memang dapat selesai lebih cepat, karena darah sebagian besar telah dibuang ketika operasi sesar, namun hal ini sangat bervariasi bergantung pada pertimbangan dokter Anda.

Adapun darah nifas yang keluar sebenarnya dibedakan menjadi 4 tahap yang secara berurutan adalah lokai rubra (berwarna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta, dsb) sekitar 1 minggu, lokia sanguelenta (berwarna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggu, lokia serosa (berwarna kekuningan) selama 2 minggu, dan lokia alba (berwarna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu. Lokia alba merupakan darah nifas yang terakhir keluar, menandakan tahap pemulihan dan hampir berakhirnya masa nifas. Dengan demikian, darah berwarna merah kental yang keluar setelah masa nifas berakhir (setelah perdarahan nifas lokia alba sudah berhenti) dapat diartikan sebagai darah menstruasi.

Apakah istri Anda sudah melewati masa nifasnya ?

Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Gangguan siklus menstruasi dapat pada jarak antar siklus, durasi dan jumlah darah menstruasi. Gangguan siklus menstruasi umumnya akibat perubahan hormonal.

Dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
Malnutrisi (kurang gizi)
Stres psikologis
Atlet
Kekurangan vitamin K
Penggunaan obat-obatan tertentu
Kelainan pembekuan darah
Gangguan hormon tiroid
Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Jumlah darah haid yang lebih banyak pada awal menstruasi adalah wajar, tetapi akan diikuti pengurangan jumlah darah haid pada akhir menstruasi. Jika jumlah darah istri Anda terus menerus banyak, kami sarankan melakukan konsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar