Sukses

Barotrauma Telinga Akibat Diving

07 Jun 2017, 23:17 WIB
Pria, 24 tahun.

Belakangan ini saya mengambil licensi diving jadi sering sekali diving, biasanya telinga saya dan teman2 setelah diving merasakan seperti baru landing dari pesawat seperti ada udaran yang menutup lalu jika menelan ludah atau menguap udara di dalam kuping akan terbuka lagi, namun sudah seminggu saya merasakan itu di kuping saya sedangkan teman2 saya hanya dalam 1-2 hari telinga mereka sudah normal, bahkan setiap saya bangun pagi kalau saya bernafas dengan kenceng kuping saya pun seperti ada udara di kuping yang membuka dan menutup. Pertanyaan saya, apa nama gangguan telinga yang saya alami ini? Saya sudah pergi ke tht tetapi kurang puas dengan obat dan penanganan yang dia lakukan. Thx

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dalam dunia kedokteran kondisi ini disebut sebagai barotrauma, yaitu cedera telinga akibat perubahan tekanan udara. Perubahan tekanan udara yang cepat menyebabkan gendang telinga meregang dan tertarik ke dalam, inilah yang menyebabkan nyeri. Hal ini juga dapat menyebabkan vertigo seperti yang Anda rasakan.

Untuk mengurangi gejala pada barotrauma Anda dapat melakukan hal di bawah ini:

menguap
mengunyah permen karet
latihan pernapasan
menggunakan antihistamin dan dekongestan (sesuai petunjuk dokter)
Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung terhadap telinga Anda sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar