Sukses

Pelvic Inflammatory Disease

07 Jun 2017, 23:17 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat pagi dok, saya mengalami mens yang tidak teratur sejak bulan Februari 2017. Pada Februari saya mens sangat deras selama 2 minggu. Bulan maret normal 1 minggu. Bulan april normal 1 minggu di awal bln tapi setelah itu keluar bercak2 darah kadang coklat dan kadang merah segar beserta keputihan sampai bulan mei ini. Awal mei saya mens biasa 1 minggu. Tapi setelah mens perut di bawah pusar sakit sampai ke punggung. 2 hari yang lalu saya periksa ke dokter (usg) katanya ada benjolan 4,5 cm di perut sblh kanan. Kemungkinan ada infeksi atau kista. Kalau mmg Infeksi, infeksi apa yg ada di perut saya ya dok? Apa penyebabnya? Dan bagaimana penanggulangannya? Terimakasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perdarahan flek yang terjadi di luar siklus haid perlu dicari penyebabnya. Gangguan tersebut biasanya diakibatkan karena gangguan hormon. Gangguan tersebut dapat disebabkan karena:

Dysfunctional uterine bleeding
Endometriosis, adenomyosis
Kehamilan ektopik
Hiperplasia endometrial
Polip
Penggunaan kontrasepsi
Kanker leher rahim
Pelvic inflammatory disease

Pelvic inflammatory disease  (PID) merupakan infeksi yang terjadi di dalam rongga panggul. PID dapat menyebabkan nyeri kronik pada perut. Terkadang infeksi pada panggul ini dapat menyebabkan hidrosalping (pembengkakan saluran telur). Hal inilah mungkin yang terlihat di USG Anda. Namun perlu di konfirmasi kembali apakah ini suatu infeksi atau kista. Berkonsultasi ulanglah dengan dokter kandungan anda untuk memastikan diagnosis dan agar penanganan dapat dilakukan.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar