Sukses

Kekurangan Gula Darah Dapat Mencetuskan Migraine

07 Jun 2017, 22:38 WIB
Pria, 20 tahun.

Selamat Pagi Dokter.. beberapa 2 atau tiga hari ini saya mengalami sakit kepala yag berpindah pindah (misal awalnya migrain sebelah kiri, beberapa jam kemudian kepala bagian belakang, selanjutnya sebelah kanan, dst) dan perut rasanya seperti saat mabuk kendaraan (mual dan perut tidak nyaman), detak jantungnya rasanya lebih cepat dari biasanya dan juga seluruh anggota badan terasa lemas dan gemetar. gejala seperti ini kira - kira apakah normal karena awal puasa dok ? tapi setelah berbuka pun tetap merasakan gejala - gejala tersebut. terimakasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar pencetus migrain melalui fitur Tanya Dokter

Selama bulan puasa, seringkali terjadi hipoglikemia (kekurangan gula darah). Gejala yang ditimbulkan hipoglikemia dapat berupa sakit kepala, lemas, jantung berdebar-debar, serta tangan terasa gemetar/dingin. Pada orang yang memiliki riwayat migrain sebelumnya, hal ini dapat mencetuskan terjadinya migrain.

Pada penderita migrain yang tercetus karena hipoglikemia, selain ditangani dengan makan, obat anti-migrain juga perlu diminum untuk menghilangkan gejala sakit kepala. Obat golongan triptan seperti sumatriptan telah terbukti dapat menghilangkan dan mengontrol sakit kepala migrain. Kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk mengatasi keluhan migrain anda.


Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar pencetus migrain, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar