Sukses

Air Liur Bercampur Darah

07 Jun 2017, 21:25 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok, di siang hari pada Bulan Ramadhan ini saya sering meludah pas wudhu. Nah, ludah yang keluar itu berwarna merah dan saya yakin adalah darah karna ada rasa amis darah di tenggorokan. Itu gejala penyakit apa ya dok? Harap penjelasannya. Thanks

Terima kasih telah bertanya seputar air liur bercampur darah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Darah yang ada pada air liur bisa berasal dari beberapa sumber. Darah tersebut bisa berasal dari luka disekitar tenggorokan, dari hidung yang jatuh ke dalam tenggorokan, dari lambung, serta dari paru-paru. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab keluhan anda, diperlukan informasi yang lebih lengkap. Bagaimanakah warna darah tersebut?apakah hitam atau merah segar atau merah disertai busa? Apakah anda sedang mengalami batuk-batuk, muntah hebat sebelumnya, nyeri pada tenggorokan, apakah ada perubahan warna pada BAB? apakah ada memiliki riwayat maag dan sakit liver?

Penanganan yang diberikan harus sesuai dengan penyebabnya. Apabila sebelumnya anda muntah hebat walaupun tidak keluar isinya, dapat menyebabkan luka pada sekitar saluran dari tenggorokan ke lambung, sehingga muncullah darah. Apabila itu penyebabnya, maka tidak perlu dikhawatirkan selama tidak muncul darah lagi, atau BAB anda berubah menjadi berwarna gelap.

Kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai air liur bercampur darah. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar