Sukses

Ubun-Ubun Kepala Sakit Selama Setahun Pada Anak

07 Jun 2017, 20:27 WIB
Pria, 11 tahun.

Deardokter. Anak saya sdh setahun ter akhir sering mengeluh sakit di ubun ubun kepala. Terutama ketika berolah raga lari lompat. Ketika bersepeda dan melewati lubang atau polisi tidur jg terasa sakit/pusing di ubun ubun. Kalau di sentuh jg sakit. Saya coba bawa ke rs dan di Msct scan non kontras hasilnya bagus. Mohon pencerahannya dok.

Terima kasih telah bertanya seputar menstruasi yang ireguler dan nyeri melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan mengenai buah hati Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami untuk menanyakan beberapa hal terlebih dahulu. Berapa umur anak Anda? Apakah ada keluhan lain yang menyertai seperti penurunan fungsi kognitif atau sering demam? Berapa kali anak Anda merasa sakit kepala dalam sehari? Bagaimana gambaran sakit kepalanya? Apakah berdenyut/berputar/seperti ditusuk-tusuk? Apakah hanya terasa di satu sisi atau menjalar hingga leher? Adakah saat tertentu dimana Anda sering merasakan sering sakit kepala? Misal saat terik matahari, saat stres, dsb. Apakah yang Anda lakukan selama ini untuk mengatasi keluhan sakit kepala anak Anda? dsb

Sakit kepala pada anak dapat dibedakan berdasarkan penyebab primer (atau tidak ditemukan adanya kelainan organ), dan sekunder (disebabkan oleh kelainan organ). Pada sakit kepala primer, anak-anak sering mengalami migren. Selain itu sakit kepala primer juga dapat disebabkan oleh tension-type headache (sakit kepala yang mengikat), sakit kepala kronik (lebih dari 15 hari). 

Sakit kepala juga dapat disebabkan oleh penyakit lain seperti peningkatan tekanan dalam kepala (dapat diakibatkan oleh tumor, perdarahan, hidrosefalus), infeksi otak, kelainan struktur atau pembuluh darah, trauma, kelainan sistemik seperti kurang gizi, hipotiroid, atau penggunaan obat-obatan.

Hasil CT scan non contrast pada anak Anda yang menghasilkan tidak adanya kelainan berarti tidak ada kelainan pada ukuran ventrikel (kemungkinan bukan hidrosefalus), bukan trauma atau pun perdarahan. Tetapi, pada pemeriksaan tanpa kontras tidak dapat dilihat adanya infeksi, tumor, atau pun peradangan pada jaringan otak.

 

Sebaiknya konsultasikan kembali hasil CT scan kepada dokter spesialis anak dengan subspesialis syaraf untuk memastikan keadaan anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai menstruasi tidak teratur. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar