Sukses

Penyebab Kaligata

07 Jun 2017, 14:35 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, waktu itu saya terkena kaligataa namun skrng sudah sembuh tapi kenapa skrng di kulit saya ada bintik2 kecil ya dok dan jika di perhatikan semakin lama bintiknya makin banyak yang awalnya hanya di tangan kanan skrng ke tangan kiri juga tetapi bintik2 ini hanya gatal kadang2. Kira2 ini kenapa ya dok? Mohon bantuannya. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab kaligata melalui fitur Tanya Dokter. 

Kaligata atau biduran disebut urtikaria dalam medis adalah penyakit kulit yang terjadi akibat reaksi terhadap berbagai macam penyebab; semisalkan seperti makanan dan penyedap makanan, obat-obatan dan beberapa situasi seperti panas, dingin atau stress emosional. Biasanya ditandai dengan edema (bengkak) setempat yang cepat timbul dan menghilang perlahan-lahan, berwarna pucat dan kemerahan, meninggi di permukaan kulit serta disertai keluhan gatal, rasa tersengat atau tertusuk.

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghindari penyebab yang diketahui. Jika memang Anda selalu mengalami urtikaria hanya ketika berada di udara dingin, sebaiknya Anda menghindari situasi tersebut atau paling tidak membuat badan menjadi lebih hangat dengan memakai baju lebih tebal. Jika disebabkan karena udara panas maka sebaiknya menghindari cuaca yang terlalu panas dan memakai pakaian yang tidak menyebabkan suhu tubuh semakin meningkat.

Pada sebagian wanita, keluhan kaligata dapat dicetuskan karena penggunaan kontrasepsi hormonal. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk mengganti metode kontrasepsi Anda menjadi kontrasepsi non-hormonal, misalnya dengan KB spiral (IUD) atau kondom.

Mengatasi alergi dapat dengan mengonsumsi antihistamin untuk mencegah reaksi yang timbul berlebihan pada saat-saat pemicu alergi tidak dapat dihindari. Golongan antihistamin yang dapat menyebabkan rasa kantuk adalah CTM, difenhidramin, Sedangkan golongan antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk adalah Loratadine, Cetirizine. Dengan mengonsumsi antihistamin maka dapat mengurangi gegala alergi yang timbul.

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sub bagian alergi-imunologi atau dokter spesialis kulit dan kelamin bagian alergi untuk penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab kaligata. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar