Sukses

Benjolan di Vagina

07 Jun 2017, 12:00 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, baru seminggu kemarin tiba-tiba muncul benjolan di dekat miss V sebelah kanan. Dan baru hari ini terasa sangat mengganggu karena saya mulai tidak nyaman saat duduk. Lumayan perih. Saat ingin buang air kecil ternyata benjolannya mulai agak membesar. Apakah ini penyakit yang parah? Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasinya? Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Benjolan di Vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada daerah bibir vagina. Dalam dunia medis, semua benjolan disebut tumor. Secara garis besar benjolan (tumor) dibedakan menjadi tumor jinak atau ganas. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, serta penyebab pastinya, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Benjolan di Vagina. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar