Sukses

Cacingan pada Anak

07 Jun 2017, 11:44 WIB
Wanita, 22 tahun.

permisi dok , anak saya ber umur 2 tahun 4 bulan, saya mau tanya apakah anak saya terkena cacingan? akhir akhir ini ciri anak saya sperti ini : susah makan sama skali kurus (13 kg) sering nangis sering tidur sore hari mata sering kdap kdip dan BAB d malam hari skitar jam 11 malam jika bnar cacingan saya harus beri obat cacing apa? saya sudah beri obat cacing sejak maret lalu , dan kpn lagi saya harus memberikan nya lagi? trimakasih ..

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Cacingan pada Anak melalui fitur Tanya Dokter.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak selain faktor genetik adalah faktor asupan nutrisi dan aktivitasnya. Apabila makannya biasa dan aktivitasnya banyak tentu saja berat badannya tidak akan meningkat. Untuk meningkatkan berat badan, yang diperlukan adalah asupan atau input lebih besar dari aktivitas atau output. Bagaimana dengan nafsu makan, asupan makanan dan aktivitas anak Anda?

Apabila anak Anda tergolong aktif, maka makan atau susunya pun harus banyak. Pemberian snack diselang makan besar dapat sering Anda berikan (2-3 jam sekali). Pilihlah makanan sehat yang banyak berkalori tinggi (roti, bubur, kue) dan bukannya makanan jajanan yang tidak bernutrisi (chiki, permen).

Pastikan anak Anda tidur siang dan tidur cukup di malam hari (8-10 jam) guna membangun metabolismenya. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah pola makannya, apabila pola makan anak Anda baik, dalam artian anak banyak makan dan minum susu dan terlihat aktif, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari anak Anda, meskipun berat badannya tidak naik signifikan.

Faktor lainnya juga adalah penyakit terutama penyakit kronis seperti infeksi kronis (infeksi saluran kemih), anemia (kekurangan zat besi), serta hal lain yang bisa menyebabkan gagal tumbuh (adanya kelainan di jantung, hormon, dan sebagainya). Perhatikan juga tanda cacingan seperti lemah, lesu, atau keluar cacing dari dubur. Apabila terdapat tanda seperti yang kami katakan, berkonsultasilah ke dokter, mungkin anak Anda memerlukan obat cacing.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cacingan pada Anak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar