Sukses

Mengatasi Benjolan di Kelopak Mata

06 Jun 2017, 23:05 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya mau tanya. Mata saya sebelah kanan yg atas ada bintitan kecil. Sudah 3 hari belum kempes. Dn mata saya jdi gatal, trus penglihatan sedikit kabur. Sbelumnya mata saya kemasukan sesuatu trus perih gt dok, nggak tau hewan atau debu. Trus bintitan lngsung muncul. Bgaimana ya dok cara menyembuhkannya? Kdang bikin pusing dn berair. Apa saya harus ke klinik mata? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang benjolan di kelopak mata.

Keluhan benjolan di kelopak mata dapat disebabkan karena bintitan. Bintitan dalam bahasa kedokteran disebut hordeolum, yaitu benjolan kecil yang tumbuh di sekitar mata akibat infeksi bakteri (umumnya Staphylococcus sp.) pada kelenjar minyak di tepi jajaran bulu mata atau di bawah kelopak mata. Umumnya hordeolum berisi nanah dan bila bertambah besar dapat menghalangi mata terbuka secara optimal membuat penderita sulit untuk melihat.

Hordeolum bukanlah sebuah gangguan serius dan sebagian besar akan sembuh sendiri. Benjolan ini justru lebih sering menyebabkan rasa malu daripada rasa sakit. Untuk mempercepat peradangan kelenjar dapat dapat diberikan kompres hangat, 4 kali sehari selama 10-15 menit sampai nanah keluar. Pengangkatan bulu mata dapat memberikan jalan untuk penyerapan nanah. Untuk mencegah berulangnya hordeolum, disarankan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata, bersihkan daerah kelopak mata secara teratur, untuk menghilangkan debu dan minyak yang menumpuk, serta pastikan peralatan rias yang berhubungan dengan mata senantiasa bersih/steril.

Bagaimanapun, apabila hordeolum membesar hingga anda mengalami gangguan penglihatan, insiden hordeolum yang terlalu sering, tidak sembuh spontan dalam satu minggu, dan tidak respon terhadap pengobatan sendiri sebaiknya anda segera mengunjungi dokter spesialis mata untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang benjolan dis kelopak mata, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar