Sukses

Efek Samping Risperidone

06 Jun 2017, 22:17 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok saya mau tanya. Ceritanya gini saya diberi obat Risperidone oleh dokter saya. Karena saya mempunyai gangguan emosi tinggi. Tetapi setelah saya minum obat Risperidone otak saya mengalami penurunan daya pikir dan penglihatan menjadi kabur. Saat ini saya masih kuliah dan saya menjadi kesulitan dalam mengikuti materi perkuliahan. Kira-kira apa benar ini efek samping obat Risperidone ? Terima kasih.

erima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pertama-tama, jenis antipsikotik yang mana yang Anda maksud menurunnya daya pikir? Adapun pada penggunaan obat risperidone, efek samping yang umum ditemukan adalah mual, gejala-gejala ekstrapiramidal seperti akatisia (agitasi, ingin terus bergerak), distonia (otot kaku, postur tubuh tidak normal), pusing, cemas, mudah mengantuk, gelisah, peningkatan berat badan serta konstipasi. Untuk penggunaan risperidone, tidak umum ditemukan efek samping berupa penurunan daya ingat. Namun, gangguan konsentrasi mungkin saja ditemukan.

Adapun penggunaan triheksifenidil biasanya ditujukan untk mengobati gejala-gejala efek samping yang muncul akibat penggunaan obat antipsikotik. Bila telah ada gejala efek samping, atau dicurigai berisiko akan memunculkan efek samping, maka THP biasanya diberikan.

Ikutilah petunjuk dokter atas penggunaan antipsikotik, karena pemantauan oleh dokter sangat penting untuk mencegah memberatnya efek samping dari obat antipsikotik. Semoga proses pengobatan yang Anda lakukan lancar dan segera diberi kesembuhan.

Demikian penjelasan yang kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar