Sukses

Kulit Wajah Melepuh Pasca Pengolesan Bawang Putih

06 Jun 2017, 21:28 WIB
Pria, 13 tahun.

Halo dokter, saya ingin bertanya yaitu tentang masalah kulit saya. Saya sebelumnya menggunakan bawang putih sebagai media penyembuh bekas dan sekaligus jerawat saya tetapi dalam penggunaan selama 2 hari ini kulit saya menjadi hitam dikarenakan penggunaan bawang putih selama 15 mnt dan ada luka karena saya menyentuh atau menggaruk bekas tersebut. Pertanyaan nya saya mau tanya apa ada bahan alami yg dapat menghilangkan bagian yg hitam itu daam sehari ? Tolong solusinya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.
Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini, keluhan Anda adalah kulit wajah seperti melepuh akibat pemakaian bawang putih. Keluhan Anda bisa mengarah kepada diagnosa dermatitis kontak.

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar.

Gejala dermatitis kontak ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu yang dalam hal ini adalah bawang putih, menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer) pada luka.

Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Semua penanganan tersebut harus mendapatkan pengawasan dari dokter.

Untuk kepentingan diagnosis dan pengobatan, Anda perlu mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin di bawah dokter yang telah disupervisi untuk penanganan yang optimal. Kami tidak menganjurkan Anda untuk membeli atau menggunakan sembarang obat/cream tidak di bawah pengawasan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar