Sukses

Penyebab Lupa Setelah Kejadian Stress

06 Jun 2017, 21:28 WIB
Wanita, 15 tahun.

Saya ingin bertanya apa yang di alami kakak saya. Dia menangis saat pulang sekolah, terus menangis hingga malam. Akhirnya setelah di paksa, ia mau bercerita. Katanya dia mengalami hal terburuk dalam hidupnya. Tapi dia cuma cerita ama orang tua kami saja. Dia terus nangis sampai ketiduran. Besoknya dia bangun, udah ceria. Terus aku nanya, "kak. Udah gak nangis lagi kek kemaren?" Dianya malah lupa. Dianya bilang gak pernah nangis kemarin, terus waktu di tanya ibu tentang permasalahannya, dianya lupa. Kenapa tuh dok? Tolong bantuannya. Soalnya kami bingung.

Terima kasih telah bertanya seputar sering lupa menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

 

Mudah lupa merupakan gejala yang bisa menjadi pertanda berbagai suatu penyakit. Pada kasus kakak Anda yang baru saja mengalami stress berat secara psikologis, bisa saja hal ini menyebabkan penekanan secara psikis yang berat dan hal ini menyebabkan keluhan berupa lupanya kejadian, hal ini disebut dengan Amnesia Psikogenik. Anda dapat membaca lebih banyak terkait amnesia psikogenik di banyak sumber di inetrnet. Jika keluhan lupa ini begitu parah, misal sampai anda lupa kejadian yang baru saja dialami, saya menyarankan kakak Anda untuk berkonsultasi langsung dengan ahli saraf atau neurolog atau psikiatri.

Penyakit lupa memang ada, didalam istilah medis kita sebut dengan alzheimer, namun penyakit ini lazimnya diderita oleh orang tua bukan anak muda seperti Anda. Sementara ini, coba latih otak anda tetap aktif dan coba menulis kegiatan Anda dalam buku harian (diary) untuk membantu Anda dalam mengingat masalah, sehingga Anda tidak melupakan hal-hal penting.

Jika keluhan lupa yang Anda alami disertai dengan gangguan pendengaran dan gangguan motorik (sering menjatuhkan barang), kami khawatir ada kelainan pada persyarafan atau pembuluh darah otak. Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar