Sukses

Penyebab Kepala Pusing

06 Jun 2017, 21:28 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok,Saya rully Umur15Th,Belakangan ini sya suka tiba tiba pusing dibagian pertangahhan mata(hidung paling atas) Dan Mata juga Berasa Muter" ,memang saya ada mata minus tinggi(8)dan silinder sekitar(4,3),itu knapa ya dok?cara nanganinnya gimanna????

Terima kasih telah bertanya mengenai pusing melalui fitur Tanya Dokter.

Kami  memahami keluhan Anda. Anda mengeluhkan sering pusing. Sudah berapa lama Anda merasakan keluhan pusing tersebut? Apakah pusing yang dialami seperti sensasi pusing berputar atau seperti berdenyut di kepala? Apakah disertai telinga berdenging, gangguan pendengaran? Apakah selalu disertai mual atau muntah? Adakah gangguan keseimbangan saat Anda berjalan atau berdiri? Perlu dibedakan antara pusing dan sakit kepala. Pusing biasanya disertai perasaan lingkungan seperti berputar (vertigo). Sementara sakit kepala biasanya terkait dengan sensasi berdenyut di kepala.

Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Ada banyak kemungkinan penyebab keluhan Anda, beberapa di antara nya dapat karena mata lelah akibat input visual yang banyak (bermain game, mengobrol lama) yang mengharuskan mata terus menerus berakomodasi sehingga pada akhirnya menjadi "lelah" dan timbul sakit kepala. Keluhan Anda dapat juga merupakan bagian dari yang disebut motion sickness. Motion sickness biasa dikenal sebagai mabuk perjalanan dan sering berhubungan dengan mual dan muntah saat sedang melakukan perjalanan. Pusing akibat motion sickness terjadi karena adanya perbedaan input gerakan yang diterima oleh mata (visual) dan organ keseimbangan di telinga dalam. Sehingga biasanya dicetuskan saat dalam perjalanan, atau saat bermain game atau bermain ayunan.

Mengingat banyaknya kemungkinan penyebab keluhan Anda, kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis saraf untuk mengetahui dengan pasti penyebab keluhan pusing tersebut. Mengenai apa pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan tergantung hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter yang memeriksa anda langsung.

Demikian informasi tentang pusing dan berbagai penyebabnya yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar