Sukses

Nyeri Di Bekas Cabutan Gigi Gejala Atipikal Odontalgia

06 Jun 2017, 20:57 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, usia saya 16 tahun dan saya memiliki masalah nyeri pada gigi kanan belakang saya. Sekitar 1 tahun yang lalu saya mengalami masalah yang sama, setelah di rontgen ternyata gigi bungsu saya yang bawah akan tumbuh dan tumbuhnya miring, sehingga mendesak gigi di depannya. Sedangkan gigi bungsu yang kanan atas hanya menunjukan gejala tumbuh miring. Akhirnya saya sepakat untuk oprasi mencabut gigi bawah kanan. Setelah oprasi, tidak ada rasa nyeri. Namun beberapa bulan setelahnya terasa nyeri yang sama (seperti sblm oprasi) disebelah kanan dan berangsur2 semakin parah. akhirnya gigi bungsu saya yang kanan ataspun juga dicabut (sekitar 6bln yg lalu) dan sudah tidak sakit lagi. Nah, yang ingin saya tanyakan. Mengapa sekarang gigi kanan saya terasa sakit / nyeri yang sama lagi seperti setelah oprasi pertama ya dok? Nyeri berangsur angsur semakin parah. Mohon bantuannya dok. terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang nyeri di bekas cabutan gigi atipikal odontalgia melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, apabila sudah diperiksa secara klinis dan rontgen bahwa tidak terlihat adanya penyebab nyeri tersebut maka dugaan kami anda mengalami Atypical Odontalgia. Yaitu nyeri fasial atipikal atau phantom tooth pain atau nyeri pada saraf sekitar wajah, ditandai dengan nyeri yang terus menerus pada satu atau beberapa gigi, di lokasi bekas cabutan gigi atau gigi yang sudah dilakukan perawatan saraf tanpa ada penyebab yang jelas. Rasa sakit ini bisa saja makin menyebar ke area wajah atau rahang.

Untuk meredakan nyeri jenis ini biasanya menggunakan obat yang mengandung amitriptilin, obat ini harus dengan resep dokter. Namun obat ini hanya berhasil untuk meredakan nyerinya saja, tidak menghilangkannya secara keseluruhan. Tidak bisa diprediksi bahwa nyeri ini adalah permanen atau tidak karena penyebabnyapun tidak diketahui. Pada beberapa kasus bisa hilang dengan spontan, lainnya memerlukan pengobatan yang bertahap dan nyeri berangsur-angsur akan hilang.

Konsultasikan dengan dokter gigi anda mengenai keadaan yang anda alami, agar segera dapat ditangani.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai nyeri di bekas cabutan gigi atipikal odontalgia, semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar