Sukses

Pengaruh Bracket Copot Pada Gigi Lain

06 Jun 2017, 20:40 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, kalau bracket copot apa ada pengaruhnya pada gigi yg lain?

Terimakasih telah bertanya tentang Pengaruh bracket copot pada gigi lain melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda kami ingin menjelaskan sedikit mengenai bracket yang lepas. Hal terpenting yang mempengaruhi perlekatan antara bracket dengan gigi adalah isolasi saat pemasangan bracket, dimana permukaan gigi yang akan dipasangkan bracket harus bersih dan bebas dari air liur. Oleh karena itu dokter gigi memblok gigi dengan gulungan kapas (atau rubber dam) agar air liur tidak mengenai gigi saat akan memasang bracket.
Selain itu, bahan adhesive yang dipakai untuk melekatkan bracket ke gigi juga turut berpengaruh. Bahan adhesive kedokteran gigi yang beredar di pasaran banyak sekali, dengan bermacam jenis dan komposisi dan ada beberapa bahan yang sifat mekaniknya lebih rendah daripada merk lain. Bisa jadi merk yang digunakan kurang baik kualitas sifat mekaniknya sehingga perlekatan bracket-gigi tidak kuat jadi bracket mudah lepas. Jika bracket lepas saat rentang waktunya cukup lama setelah pemasangan (misal lebih dari seminggu), bisa jadi karena tekanan kunyah pasien besar.
Tidak dapat dipungkiri, keterampilan operator juga berperan dalam hal ini. Juga jenis bracket yang digunakan namun hal ini tidak terlalu banyak berpengaruh. Bracket jenis tertentu seperti bracket yang terbuat dari keramik bersifat translusen mungkin saja dapat memberi kesan kusam pada gigi. Atau mungkin juga karena masih ada sisa bahan adhesive yang berlebih di sekitar bracket. 

Bracket yang copot akan menyebabkan gigi tersebut terlambat mengikuti pergerakan gigi yang lainnya. Pengaruhnya dengan gigi lainnya tidak ada.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai Pengaruh bracket copot pada gigi lain, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar