Sukses

Kerutan pada Mata dan Kantung Mata

06 Jun 2017, 20:05 WIB
Wanita, 20 tahun.

Assalamualaikum dok. Saya mau tanya nih dok? Sya risti mur saya 20th, yg mau sya tanyakan adlah knapat bagian kelopak mata saya berkerut dok, kerutan nya berlipat2 dan saya juga mempunyai kantung mata? Sebenarnya penyebab dan cara mengatasinya apa ya dok? karena itu sngat menggangu penampilan saya! apakah boleh saya pakai krim khusus mata? Tapi krim apa ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar kelopak berkerut dan kantung mata menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kerutan pada mata dan kantung mata tebal dapat disebabkan oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah reaksi alergi, tidur tidak cukup, sering begadang, efek samping dari rokok dan penuaan, serta genetik. Berikut hal-hal yang dapat anda perhatikan dan coba untuk menghilangkan kantung mata tebal :

Kurangi Garam
Terlalu banyak mengonsumsi garam akan menarik cairan ke dalam tubuh. Oleh karena itu, makan malam yang mengandung banyak garam dapat menyebabkan pembesaran kantong mata pada pagi harinya.

Pijatan
Aliran saluran limfe yang kurang lancar dapat menyebabkan terjadinya kantong mata. Untuk meminimalkannya, Anda dapat melakukan pijatan ringan dengan jari manis yang dimulai dari arah hidung ke luar.

Obati Alergi
Alergi yang kambuh juga dapat menimbulkan bengkak pada mata serta kantong mata. Untuk mengatasinya, segera minum obat antihistamin yang diresepkan dokter untuk mengobati alergi Anda. Yang tidak kalah penting adalah mengenali dan menghindari pencetus alergi agar Anda dapat terhindar dari kantong mata pada kemudian hari.

Posisi Tidur
Usahakan untuk selalu tidur telentang. Posisi tidur miring atau telungkup dapat menyebabkan cairan tertarik gravitasi dan mengumpul di bawah mata. Jika merasa nyaman, Anda juga dapat meninggikan posisi kepala dengan menambah bantal.

Bersihkan Riasan
Pastikan Anda selalu membersihkan riasan mata Anda sebelum menyentuh kasur. Riasan mata yang tidak dibersihkan dengan baik berpotensi menyebabkan mata berair dan sembab pada keesokan harinya.

Konsumsi Alkohol
Konsumsi alkohol yang moderat (satu gelas per hari) adalah baik untuk kesehatan. Konsumsi yang berlebih bukan hanya berefek negatif bagi kesehatan, namun juga bagi penampilan Anda.

Sinar Ultraviolet
Timbulnya kantong mata bisa jadi merupakan akibat dari proses penuaan akibat sinar ultraviolet. Karena itu, jangan lupa untuk mengoleskan krim tabir surya pada wajah sebelum keluar rumah, terutama pada area mata. Anda juga dapat menggunakan kacamata hitam dan topi untuk melindungi area mata dari sinar matahari.

Merokok
Selain mengakibatkan gangguan kesehatan pada umumnya, merokok juga dapat menimbulkan penuaan dini dan pembentukan kantong mata. Oleh karena itu, segeralah berhenti merokok agar Anda bisa mengurangi bahkan menghilangkan kantong mata Anda!

Kompres Dingin
Pembengkakan pada mata – terutama jika disebabkan karena terlalu banyak menangis – dapat diminimalkan dengan kompres dingin.

Krim Mata
Gunakan perawatan wajah berupa krim mata anti-penuaan untuk mencegah dan meminimalkan kantong mata.

Riasan
Selagi Anda melakukan berbagai perawatan untuk meminimalkan kantong mata, Anda dapat menutupinya sementara dengan menggunakan concealer berwarna oranye untuk menutupi warna biru-hitam di bawah mata Anda.

Bedah Plastik
Tak dapat dimungkiri, bedah plastik memang merupakan cara yang paling ampuh dan permanen untuk menghilangkan kantong di bawah mata. Nama prosedur operasi kantong mata adalah blepharoplasty bagian bawah.

Apabila Anda menginginkan prosedur yang tidak terlalu berisiko, Anda dapat melakukan terapi filler asam hialuronat yang digunakan untuk “mengisi” kantong mata hingga tampak “menghilang”. Ada pula teknik yang baru digunakan akhir-akhir ini, yaitu filler dengan menggunakan sel lemak yang diperoleh dari pasien sendiri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar