Sukses

Penumpukan Cairan di Kepala Janin

06 Jun 2017, 17:37 WIB
Pria, 18 tahun.

Dokter , saya mau nanya, saya ibu hamil usia kandungan saya 20w3d. saat usia kandungan saya pas 20week saya kontrol ke dokter kandungan di usg dan hasil usg itu dokter bilang ada cairan diotak janin saya gatau seberapa banyak cairnnya dok, cuma dokter bilang kalo 2minggu masih ada cairannya , saya rujuk ke dokter fetomaternal, pertanyaan nya dok, apakah cairan ini bisa hilang dgn sendiri nya? saya khawatir krn ini anak pertama sayaa, terimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar cairan pada kepala janin menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Penumpukan cairan di kepala secara umum dalam medis disebut dengan hidrosefalus. Penyebabnya dapat berupa akibat penyerapan cairan yang kurang baik ke aliran darah, atau akibat adanya hambatan pada aliran cairan otak. Hal-hal yang menyebabkan terjadinya hidrosefalus seperti infeksi pada ibu hamil, seperti TORCH, adanya massa di otak, spina bifida, atau kista di otak.

Konsultasikan dengan doker kandungan anda mengenai kondisi yang dialami. Secara umum, pemeriksaan USG, amniosentesis dapat membantu. Kemudian, penanganan hidrosefalus sendiri tergantung dari jumlah cairan dan usia kehamilan. Pada umumnya, membuat shunt (jalur aliran baru) dari otak ke bagian lain seperti rongga perut dapat membantu dalam aliran cairan. Menjaga kondisi kehamilan anda agar senantiasa sehat dengan makanan yang mengandung asam folat dan zat besi seperti hati ayam, alpukat, brokoli, tidak melakukan pekerjaan berat, perbanyak istirahat, tidak merokok, konsumsi air putih dapat membantu menjaga agar kehamilan lancar. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar