Sukses

Hasil Papsmear Servisitis

06 Jun 2017, 17:37 WIB
Pria, 49 tahun.

Slmt siang dok.. saya mau tanya apa penyakit yg saya derita dari hasil paps smear yg tertera sbb; RINCIAN PENAFSIRAN ; Epitel skuamosa terinfeksi, epitel glandular dan leko - PMN cukup padat,sesuai Servisitis Khronik Non-spesifik. mohon penjelasannya trimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar hasil papsmear menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Servisitis merupakan peradangan pada serviks(mulut rahim). Penyebab tersering servisitis adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual, meskipun begitu servisitis dapat disebabkan pula oleh iritasi ataupun alergi.

Penyakit menular seksual (PMS) yang dapat menyebabkan servisitis:

  • Gonorrhea
    Chlamydia
    Herpes Kelamin
    Kutil Kelamin
    Trichomoniasis
    Mycoplasma and ureaplasma

Penyebab lain servisitis:

  • Iritasi atau perlukaan akibat alat-alat seperti diafragma, pessary, tampon
    Alergi terhadap spermisid yang digunakan untuk KB
    Alergi terhadap kondom latex
    Paparan terhadap bahan kimiawi
    Ketidakseimbangan bakteri yang normal di vagina. Pertumbuhan berlebih bakteri-bakteri yang normal berada di vagina (bacterial vaginosis)
    Ketidakseimbangan hormon, rendahnya kadar estrogen atau tingginya kadar progesteron dapat mempengaruhi kemampuan untuk menjaga kesehatan jaringan mulut rahim.
    Kanker ataupun terapi kanker
    Faktor risiko servisitis antara lain riwayat berganti-ganti pasangan seksual, riwayat PMS sebelumnya, berhubungan seksual pada usia muda, pasangan seksual yang memiliki riwayat PMS.

Jika infeksi merupakan penyebab, infeksi tersebut dapat menyebar ke rahim, saluran telur hingga ke panggul dan rongga perut. Hal ini dapat menyebabkan gangguan kesuburan sehingga sulit untuk hamil. Selain itu jika terjadi pada ibu hamil hal ini dapat pula menyebabkan masalah bagi janin yang dikandung.

Pengobatan servisitis yang disebabkan oleh infeksi dapat menggunakan antibiotik. Jika disebabkan oleh herpes pengobatan nya adalah dengan mengkonsumsi anti virus.

Terapi hormon (estrogen dan progesteron) dapat digunakan pada pasien menopouse.

Jika servisitis sudah berlnagsung lama dan pengobatan degan menggunakan antibiotik tidak me\mberikan hasil, tatalaksan pada pasien ini dalah:

Cryosurgery (dibekukan)
Electrocauterisasi
Terapi laser
Loop Electrosurgical Excision Procedure (LEEP) merupakan suatu tindakan untuk mengangkat jaringan yang serviks rusak. Anda dapat lebih tenang karena prosedur ini termasuk prosedur sederhana, dengan bius lokal dan kegunaannya penting untuk mencegah komplikasi lebih jauh dan juga untuk memastikan kondisi sel-sel pada daerah leher rahim. Sangat jarang terjadi komplikasi. Komplikasi yang dapat terjadi adalah perdarahan, infeksi dan kekauan rahim.

Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai prosedur ini, bagaimana prosedurnya, untung rugi serta kepentingannya. Dokter akan membantu Anda untuk mengambil keputusan yang paling baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar