Sukses

Alergi Susu Sapi pada Anak

06 Jun 2017, 16:13 WIB
Pria, 35 tahun.

dok, anak saya najma di bilang dokter alergi, dengan melihat kondisi baby, nafas grok2,muka merah2 kayak kadas, berat badan 5,6 susu terkhir adalah BMt, dokter saranin ke soya, coba 4 hari langsung sembelit truss dokter kasih resep nan ha, tetap aja merah2 mukanya susu apa yg harus saya coba dok? kasihan baby rewel gak bisa tidur, susu diganti2 berat badan berkurang jadinya

Terima kasih telah bertanya seputar alergi susu sapi menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Apabila anak Anda benar menderita alergi susu sapi, sebaiknya anak Anda menghindari segala makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb. Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi, namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai .Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi adalah dengan menghindari alergen penyebab. Gantilah susu yang dikonsumsi anak Anda dengan susu lain yang lebih hipoalergenik (HA). Protein susu sapi dapat menimbulkan alergi yang menetap sampai akhir masa anak-anak. Meskipun demikian, biasanya alergi susu sapi akan hilang dengan sendirinya seiring dengan matangnya saluran pencernaan bayi (pada usia 2-3 tahun).

Anak yang alergi susu sapi jika dipaksa untuk mengkonsumsi makanan yang memicu alerginya (susu formula biasa) akan mengalami reaksi alergi yang terus menerus. Timbulnya reaksi alergi ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi anak dan membuat anak menjadi lebih rewel. Lebih lanjut, hal tersebut dapat mengganggu tumbuh kembang anak.Sementara itu, anak hanya diperbolehkan mengonsumsi susu pengganti formula soya atau susu formula jenis hipoalergenik (HA) dan bahan makanan lain bebas susu sapi maupun produk turunannya (keju, yoghurt).

Yang dapat Anda lakukan sementara ini adalah:

Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer
Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik atau mencampur air mandi anak dengan cairan antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering
Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan
Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar