Sukses

Penggunaan AC dan Paru-paru Basah

06 Jun 2017, 15:43 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok mau tanya nih.. Klo pake air cooler dlm ruangan tertutup cnth kamar tdr aman gk dok?? Bs memicu paru2 basah gk dok,soalnya kan pendinginya dr air.. Mohon penjelasanya.. Makasih sblmnya dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Paru-paru basah atau Bronkitis adalah suatu kondisi yang timbul bila dinding bagian dalam saluran pernapasan utama paru terinfeksi dan meradang. Saluran pernapasan adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Maka dari itu, gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan dada terasa sesak.

Bronkitis terbagi menjadi dua yaitu bronkitis akut dan kronis. Bronkhitis akut seringkali disebabkan oleh infeksi virus. Virus yang menyerang biasanya adalah virus yang sering menimbulkan flu yang menyebar hingga ke saluran napas yang lebih dalam sehingga menimbulkan bronkhitis. Disamping akibat infeksi virus, sebagian kecil kasus bronkhitis akut juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun akibat paparan terhadap asap rokok disekitar anda.

Bronkhitis akut yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya dapat sembuh secara spontan dalam beberapa minggu jika anda memiliki daya tahan tubuh yang baik. Namun, pada bronkhitis akut yang disebabkan oleh bakteri, diperlukan pemberian antibiotik secara teratur untuk menghilangkan kuman penyebab bronkhitis.

Bila penyakit bronkitis bertahan dan berlanjut kurang lebih selama tiga bulan dalam setahun, maka disebut sebagai bronkitis kronik. Bronkhitis kronik umumnya disebabkan karena merokok atau paparan terhadap asap rokok. Disamping akibat rokok, bronkhitis kronik juga dapat terjadi akibat paparan terhadap debu dan polusi udara untuk waktu yang lama. Pengobatan yang diberikan pada bronkitis kronik biasanya hanya akan membantu mengatasi gejala-gejala yang timbul, namun gejala tersebut akan sering kambuh dan saluran napas yang sudah rusak akibat bronkhitis kronik tidak dapat sembuh sempurna 100%.

Untuk makanan pada umumnya tidak ada yang perlu dihindari, namun dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis makanan tinggi karbohirat tinggi protein pada penderita penyakit-penyakit kronis.

Belum ada penelitian khusus yang mengaitkan antara penggunaan AC (penyejuk ruangan) dengan bronkitis. Akan tetapi bila Anda menggunakan AC, bersihkanlah secara berkala agar terhindari dari penumpukan kotoran yang memicu berkembangnya virus dan bakteri yang dapat membahayakan pernapasan. 

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar