Sukses

Obat Batuk Pilek Untuk Ibu Hamil

06 Jun 2017, 15:43 WIB
Wanita, 32 tahun.

Apakah obat flu dan batuk merwk tremenza,sanmol paracetamol dan mucohexin sirop aman untuk ibu menyusui..

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Batuk-pilek pada ibu hamil umumnya disebabkan karena daya tahan tubuh yang menurun, kurang asupan cairan, dan kurang istirahat. Memang tidak ada obat yang 100% aman untuk kehamilan. Untuk mengatasinya Anda dapat meneruskan minum madu ditambahkan peppermint yang diseduh dengan air hangat dan mentol atau minyak kayu putih guna mengurangi keluhan hidung tersumbat.

Selain itu, sebaiknya Anda minum banyak cairan dan makanlah buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Apabila hidung sangat tersumbat, Anda dapat menghirup uap hangat yang berasal dari baskom berisikan air panas. Dan yang terpenting Anda harus istirahat cukup.

Beberapa obat yang menurut penelitian terbukti aman pada wanita hamil adalah chlorpheniramine (CTM), loratadine, doxylamine, brompheniramine, phenindamine, pheniramine, triprolidine, dan diphenhydramine , tetapi obat2 ini bisa membuat ngantuk terutama doxylamine and diphenhydramine. Ekspektoran (pengencer dahak) seperti guaifenesin (GG) cukup aman untuk dikonsumsi. Penekan batuk seperti dextromethorphan (DMP) aman digunakan, karena sudah ada penelitian pada wanita hamil tdak menyebabkan cacat bawaan.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar