Sukses

Gigi Neonatal Apakah Normal

06 Jun 2017, 14:29 WIB
Pria, 32 tahun.

Gigi neonatal itu normal g sih dok,, Kan bru 1 bulan sudah tumbuh 2 gigi ,geraham sma didepanya sblah kiri bawah dok,,,, kata dokter kan g rewel dan tenang2 aja,,justru anak saya kebalikanya dok,,,,,gimana klo begitu dok,,, Tmksh sblmnya dok sblmnya Mohon jawabanya dok

Terimakasih telah bertanya tentang gigi neonatal apakah normal melalui fitur Tanya Dokter.

Gigi yang sudah tumbuh sejak lahir disebut gigi Natal, sedangkan bila muncul di bulan pertama disebut gigi Neonatal. Meskipun tidak berbahaya gigi natal dan gigi neonatal menunjukkan adanya kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi. Akan tetapi walaupun disebut kelainan, kondisi ini biasanya tidak disertai gejala sama sekali. Bayi terlihat tenang-tenang saja, tidak rewel dan tidak demam atau diare. Kasus gigi yang tumbuh ketika baru lahir sebenarnya tidak perlu terlalu dipermasalahkan. Dan asalkan pertumbuhan gigi berikutnya normal dalam arti tumbuh teratur sesuai tempatnya. Pasalnya, pembentukan gigi susu sudah dimulai sejak dalam kandungan, tepatnya di usia kehamilan 6 minggu sudah terbentuk benih-benih gigi. Asupan gizi seimbang yang bisa didapat dari aneka sumber makanan seperti susu, daging, ikan, sayur dan buah akan sangat mempengaruhi pertumbuhannya.

Hanya saja dengan sudah tumbuhnya gigi, maka perawatan terhadap gigipun harus sudah mulai dilakukan, yaitu membersihkan 2 kali sehari dan control rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali. Pembersihan yang dapat dilakukan adalah dengan melilitkan jari telunjuk anda dengan kain kasa steril lalu diusapkan keseluruhan permukaan gigi susu. Dan pada saat pemeriksaan gigi di dokter gigi, posisi orangtua harus memangkunya agar pemeriksaan berjalan lancar.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi neonatal apakah normal, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar