Sukses

Alergi pada anak

06 Jun 2017, 11:09 WIB
Pria, 22 tahun.

Malam dok, Anak saya usia 10 bulan batuk disertai pilek udah 1bulan Sudah periksa kedokter kata nya jangan pakai pakaian yg berbulu terus jangan pakai bedak powder gitu dok Apakah anak saya terkena alergi? Sekian pertanyaan nya dari saya mohon dijawab dok Terima kasih

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar gejala alergi yang dialami melalui fitur Tanya Dokter.

Saya tidak bisa menentukan diagnosis anak ibu karena memang tidak memeriksa anak ibu. Untuk diagnosis lebih pasti, sebaiknya tanyakan dengan dokter yang memeriksa anak ibu ya. Berikut ini adalah tips yang dapat Anda coba ya untuk kasus-kasus alergi : Berdasarkan data dari Mayo Clinic, dari 160 jenis makanan yang dapat menimbulkan alergi makanan, ada beberapa jenis tertentu yang lebih sering memicu alergi.

Berikut delapan jenis makanan yang menjadi penyebab dari 90% kasus alergi makanan:

Susu
Telur
Ikan
Makanan laut, seperti kepiting, udang, atau lobster
Kacang pohon, seperti almon atau walnut
Kacang tanah
Gandum
Kedelai
Tapi meskipun makanan di atas sering memicu alergi, bukan berarti anak Anda tidak boleh memakannya. Apalagi jika anak belum benar-benar terbukti alergi. Membatasi makanan sebelum ada diagnosis alergi akan membuat asupan nutrisi anak kurang lengkap.

Jadi, penting bagi Anda untuk mengetahui dengan pasti makanan apa saja yang menyebabkan alergi pada anak. Dengan demikian, anak dapat terhindar dari alergi makanan.

Untuk itu lakukan diet pantang makanan yang Anda curigai selama 1- 2 minggu pada anak. Setelah itu, coba berikan kembali pada anak. Jika muncul gejala alergi, berarti kecurigaan Anda terbukti.

Seperti apa gejala alergi? Ada beberapa tanda yang bisa Anda kenali –seperti ruam di kulit, bersin, batuk, bengkak pada mata atau lidah, hingga sesak napas dan penurunan kesadaran.

Selain makanan, ingatlah bahwa alergi juga dapat dicetuskan oleh alergen lain. Misalnya: serbuk sari, spora, kutu debu, maupun rambut hewan peliharaan. Jadi, tanda alergi pada anak tak selalu karena makanan yang dikonsumsinya. Bila ragu, segera bawa anak Anda untuk berkonsultasi pada dokter.
 
Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar gejala alergi Anda. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar