Sukses

Nyeri dan kaku sendi

06 Jun 2017, 09:38 WIB
Wanita, 18 tahun.

Ibu saya mengalami nyeri dan kaku pada sendi tepatnya di bahu sebelah kanan. Sudah cek kolesterol dan asam urat ternyata normal. Ibu saya biasa menonton tv tiduran miring ke kanan untuk waktu lama dan juga sering menggendong cucu. Sakit itu sudah dialama kurang lebih sekitar 2 bulan. Dan ibu saya sudah berusia 50 th.Menurut dokter ibu saya sakit apa? Dan apa solusinya? Mungkinkah ada pengobatannya?

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri dan kaku sendi ini melalui fitur Tanya Dokter.

Pada umumnya banyak yang dapat menyebabkan keluhan nyeri sendi. Nyeri sendi jari-jari tangan dan atau kaki dapat diakibatkan oleh penyakit rhematoid arthritis atau dapat juga disebabkan oleh Gout Arthritis, yang biasa dikenal sebagai penyakit asam urat oleh awam.

Gejala awal dari artritis gout (asam urat) adalah panas, kemerahan dan pembengkakan pada sendi yang tipikal dan tiba-tiba karena kadar asm urat yang tinggi. Persendian yang sering terkena adalah persendian kecil pada basis dari ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

Pada serangan akut penderita gout dapat menimbulkan gejala demam dan nyeri hebat yang biasanya bertahan berjam-jam sampai seharian, dengan atau tanpa pengobatan. Seiring berjalannya waktu serangan artritis gout akan timbul lebih sering dan lebih lama.

Penyebab kaku dari sendi dapat bermacam-macam namun penyebab paling sering adalah Rheumatoid Arthritis (Rematik). Artritis Reumatoid (AR) salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit otoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Keluhannya terutama berupa kaku pada pagi hari yang dapat bertahan sampai 30 menit dan kemudian menghilang, bengkak, nyeri bila ditekan, kulit kemerahan, demam. Penyakit ini paling sering menyerang sendi-sendi kecil.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar nyeri dan kaku. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar