Sukses

Mengatasi Jerawat

06 Jun 2017, 00:40 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok sy kan muka jerawatan.. Trs sy pergi ke klinik erha.. Pertama konsul dikasih obat minum selama sebulan sm cream pagi dan mlm.. Muka sy langsung kelupas ganti kulit dan sebulan ya lg kontrol msh diksh obat minum sm cream wajah ya da yg diganti.. Nah semenjak konsul kedua ini sy merasa jerawat sy malah makin parah dok, jerawat kecil kecil makin banyak dimuka bahkan hampir penuh padahal sebelum ke klinik gk seperti itu.. Pas sy balik lg kontrol 3.. Dok ya jg kaget kok makin banyak dokter bilang dia terlalu cepat ganti cream ya.. Lalu saya disuruh peeling acne BHA 30% dan di kasih cream wajah sm seperti pertama kontrol.. Dan setelah itu disuruh dateng kembali peeling 2 minggu kemudian.. Sy dateng tp msh bln ada perubahan.. Yang ada setelah peeling ke dua jerawatan yg muncul gede gede.. Itu kenapa yah dok

Terima kasih telah bertanya tentang cara menghilangkan jerawat melalui fitur Tanya Dokter.

Masalah jerawat memang masalah kesehatan yang susah-susah gampang. Ada berbagai faktor yang saling berkaitan dalam menimbulkan jerawat, sehingga penanganannya biasanya memerlukan waktu lama dan juga kedisiplinan yang tinggi.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini:

  • Stres
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (kelenjar sebasea) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Pengobatannya juga memang akan menyebabkan kulit menjadi merah dan mengelupas dalam jangka waktu sementara, dalam upaya untuk mengatasi peradangan karena jerawat. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan kebersihan wajah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menghilangkan jerawat. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar