Sukses

Tulang Punggung Membungkuk

06 Jun 2017, 00:06 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok permisi saya mau tanya,akhir akhir ini tulang belakang saya terasa nyerih dan terlihat semakin melengkung membungkuk.saya sudah konsultasi ke poli umum,dokter poli menyarankan saya untuk pergi ke surabaya.Agar saya tidak ke surabaya cara dan langkah apa yang harus saya lakukan agar tulang saya kembali normal.terima kasih dokter

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar tulang punggung membungkuk melalui fitur Tanya Dokter

Tulang belakang yang membungkuk keluar disebut juga dengan kifosis. Tulang belakang yang membungkuk dapat disebabkan oleh banyak hal dan berhubungan dengan usia. Pada pasien usia tua, kifosis bisa merupakan tanda osteoporosis atau spondylolisthesis ( tulang punggung bergeser). Namun pada pasien dengan usia yang lebih muda, kifosis dapat disebabkan oleh penyakit Paget ( tulang menjadi rapuh, sehingga dapat melengkung), Polio, Muscular dystrophy ( kelainan pada kekuatan otot), serta peradangan pada tulang punggung.

Kami memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai keluhan anda. Umur anda, berat badan dan tinggi badan, riwayat penyakit di keluarga, serta diperlukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui diagnosis anda. Apabila kelainan tulang belakang yang terjadi adalah skoliosis (tulang belakang miring), dan derajat keparahannya belum berat, intervensi berupa fisioterapi dan penggunaan brace masih bisa dilakukan.

Untuk memastikan keadaan anda, kami sarankan anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis ortopedi.


Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar tulang belakang membungkuk ,Semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar