Sukses

Darah nifas masih keluar setelah beberapa minggu

05 Jun 2017, 20:06 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo dok. Dok saya sudah melahir kan secar, Sudah5 minggu, darah nifas saya berubah jdi berwarna hijau dan bau. Kenapa ya dok, ada penyebab penyakit apa ya? Mhon jawabaan nya!!

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar darah nifas Anda melalui fitur Tanya Dokter.

Masa nifas umumnya berakhir sekitar 40 hari setelah proses persalinan. Berakhirnya masa nifas ditandai dengan berhentinya perdarahan yang keluar dari vagina Anda. Masa nifas memang dapat selesai lebih cepat, karena darah sebagian besar telah dibuang ketika operasi sesar, namun hal ini sangat bervariasi bergantung pada pertimbangan dokter Anda.

Adapun darah nifas yang keluar sebenarnya dibedakan menjadi 4 tahap yang secara berurutan adalah lokai rubra (berwarna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta, dsb) sekitar 1 minggu, lokia sanguelenta (berwarna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggu, lokia serosa (berwarna kekuningan) selama 2 minggu, dan lokia alba (berwarna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu. Lokia alba merupakan darah nifas yang terakhir keluar, menandakan tahap pemulihan dan hampir berakhirnya masa nifas. Dengan demikian, darah berwarna merah kental yang keluar setelah masa nifas berakhir (setelah perdarahan nifas lokia alba sudah berhenti) dapat diartikan sebagai darah menstruasi.

Dan mengenai bekas luka Anda yang kebiruan, kami sarankan sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter Anda. Lama penyembuhan luka setiap orang berbeda satu sama lain, bergantung pada lokasi, usia, nutrisi, kurangnya suplai pembuluh darah, ada/tidaknya infeksi, teknik pembedahan, kondisi sistemik tertentu (anemia, faktor pembekuan darah, kencing manis), dsb. Mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi, idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut terhadap bekas luka operasi Anda yang kebiruan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar darah nifas ini. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar