Sukses

Menstruasi dan Pengguaan IUD

05 Jun 2017, 22:52 WIB
Wanita, 21 tahun.

pagi dok, salam kenal.. saya mau bertanya dok, ibu saya berusia 42 th, 3 kali lepas pasang IUD kurang lebih 14 th memakai IUD. bulan kemarin menstruasi tidak berhenti-berhenti sekitar 20 hari, lalu ibu saya konsultasi ke bidan. Kata bidan itu karena pengaruh hormon. Lalu ibu saya copot IUD. Tapi setelah copot IUD menstruasi makin banyak bahkan ada darah hitam menggumpal keluar dan sekarang 6 hari pelepasan IUD ibu saya masih menstruasi banyak dok. Kira-kira kenpa ya dok ko ga berhenti-berhenti menstruasinya? Apakah terkena penyakit? Terima kasih.

Terimakasih telah bertanya mengenai haid yang tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

IUD baik ada maupun tidak (sudah dilepas) tidak akan mempengaruhi siklus haid. Jika haid terlambat atau menjadi tidak teratur setelah lepas IUD, kemungkinan disebabkan oleh hal-hal berikut:

Perubahan berat badan (baik peningkatan/penurunan BB) yang drastis
Exercise berlebihan
Crash diet
Merokok, minum alkohol, minum kopi berlebihan
Menggunakan obat-obatan tertentu (hormon, kemoterapi, obat psikotik)
Stress psikologis
Penyakit kandungan (sindrom ovarium polikistik, myoma uteri, polip rahim, kista rahim, endometriosis)
Penyakit lainnya seperti gangguan tiroid
Pada kasus Anda, gangguan haid yang dialami disebabkan oleh gangguan hormonal yang juga menyebabkan kista ovarium. Perlu dipastikan apakah kista ovarium ini bersifat tunggal atau multipel. Bila multipel, kemungkinan Anda mengalami sindrom ovarium polikistik yang merupakan salah satu penyakit tersering yang membuat haid tidak teratur pada wanita.

Sebaiknya Anda kontrol ulang dengan dokter yang merawat bila haid tak kunjung datang. Bila Anda curiga hamil, silakan melakukan test pack.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar haid yang tidak teratur. Semoga bermanfaat. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar